Jakarta (ANTARA) - Film terbaru tentang mendiang Putri Diana yang berjudul "Spencer" akan tayang di KlikFilm mulai 20 Februari.

"Spencer" masuk dalam nominasi Academy Awards ke-94 yang dilaksanakan pada 27 Maret 2022, di mana Kristen Steward masuk dalam kategori aktris terbaik.

Tak hanya "Spencer", film nominasi Oscar 2022 lainnya yang dapat ditonton di KlikFilm adalah "The Lost Daughter" (sudah tayang), "The Worst Person In The World" (15 Februari) dan "Drive My Car" (segera).

Berikut ini adalah sinopsis singkat dari empat film yang masuk dalam jajaran nominasi Oscar 2022.

"Spencer"

Film ini menggambarkan Diana sebagai anggota kerajaan yang terisolasi dari anggota kerajaan lain serta ingin bebas dari aturan tradisional yang ketat. Film itu juga memperlihatkan hubungannya yang dekat dengan kedua putranya, Pangeran William dan Harry.

"Spencer" tayang perdana dalam kompetisi di Festival Film Internasional Venesia ke-78 pada 3 September 2021 dan dirilis di bioskop pada 5 November 2021.

Kristen Stewart dinominasikan dalam kategori aktris terbaik lewat perannya sebagai mendiang Putri Diana. Dia disandingkan oleh aktris lainnya, termasuk Jessica Chastain ("The Eyes of Tammy Faye"), Olivia Colman ("The Lost Daughter"), Penélope Cruz ("Parallel Mother's") dan Nicole Kidman ("Being the Ricardos"). Ini adalah pertama kalinya Kristen Stewart masuk dalam nominasi Oscar.

Baca juga: Kemarin, progres satelit SATRIA-1 lalu "Spencer" siap hadir November

Baca juga: Kristen Stewart terlihat menjiwai karakter Putri Diana dalam "Spencer"


"The Lost Daughter"

Di film ini, Olivia Colman memerankan Leda yang berprofesi sebagai seorang profesor perguruan tinggi yang sedang berlibur di Yunani, yang mengungkapkan dirinya sebagai "seorang ibu yang tidak wajar."

Film ini memasukkan nama Olivia Colman dalam jajaran nominasi Oscar 2022. Pada tahun 2018, lewat film "The Favorite", Olivia Colman sukses meraih Piala Oscar.

Selain Olivia Colman, film "The Lost Daughter" juga memasukan nama Jessie Buckley, dalam jajaran nominasi untuk kategori aktris pemeran pendukung terbaik.

"The Worst Person In The World"

Di film ini, Joachim Trier, memerankan tokoh seorang wanita muda yang mencari tahu tentang kehidupan dan cinta.

"The Worst Person In The World" adalah sebuah film drama komedi romantis gelap Norwegia tahun 2021 yang disutradarai oleh Joachim Trier. Ini merupakan film ketiga dalam "Trilogi Oslo".

Film ini ditayangkan perdana dalam kompetisi di Festival Film Cannes 2021, dengan Renate Reinsve memenangkan penghargaan untuk Aktris Terbaik. Pada Academy Awards ke-94, film tersebut dinominasikan untuk kategori film fitur internasional terbaik dan film orisinal terbaik.

"Drive My Car"

Film ini diadaptasi dari kumpulan cerita pendek Haruki Murakami yang berjudul "Men Without Women". Film "Drive My Car" menghadirkan film perjalanan yang berbalut misteri, cinta, kehilangan, dan penerimaan.

Selain Hidetoshi Nishijima, Toko Miura, dan Reika Kirishima, film ini turut dibintangi oleh Masaki Okada yang berperan sebagai pria selingkuhan dari istri Kafuku.

Dalam ajang Piala Oscar 2022, "Drive My Car" mendapatkan empat nominasi, yaitu film terbaik, sutradara terbaik untuk Ryusuke Hamaguchi, film fitur internasional terbaik, dan adaptasi terbaik.

"Drive My Car" menorehkan rekor sebagai film Jepang pertama yang dinominasikan untuk kategori film terbaik. Sedangkan, Hamaguchi merupakan sutradara Jepang ketiga yang masuk nominasi, mengikuti Hiroshi Teshigahara pada tahun 1965 dan Akira Kurosawa 20 tahun kemudian.

Baca juga: Alasan Kristen Stewart perankan Putri Diana: "Saya harus melakukannya"

Baca juga: Kristen Stewart bawa Putri Diana lewat film "Spencer" ke London

Baca juga: Mengulik rahasia di balik gaun Putri Diana di film "Spencer"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022