Padang (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Republik Indonesia Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, meresmikan Kampus Bersih Narkoba di Universitas Negeri Padang, Kamis.

Dalam kunjungannya di UNP Kepala BNN-RI melakukan beberapa kegiatan di antaranya memberikan kuliah umum, penandatanganan Komitmen Bersama Kepala BNN dengan Rektor UNP, dan penekanan tombol peluncuran Kampus Bersinar.

"Ini adalah salah satu langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba maka dari itu Universitas Negeri Padang kami deklarasikan sebagai Kampus Bersinar yakni kampus bersih narkoba," kata Kepala BNN RI di Padang, Kamis.

Kepala BNN juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor UNP karena UNP telah berperan aktif dalam fasilitasi implementasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GNPN) di Provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Anggota DPD apresiasi USU bongkar narkoba di kampus

Dalam kesempatan itu, ia memberikan kuliah umum dengan mengangkat tema "Strategi Penanggulangan Narkotika di Indonesia".

Ia mengatakan secara keseluruhan di dunia, Indonesia masih di bawah standar prevalensi sebab di dunia terdapat sekitar 275 juta pengguna narkotika dan sekitar 36 juta menderita karena penyalahgunaan narkoba.

Sedangkan di Indonesia, terdapat sekitar 3,66 juta pengguna narkotika dengan 8.691 sebaran kawasan rawan narkotika. Khusus di Sumbar sendiri, terdapat 548 kawasan rawan narkotika.

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D mengatakan momen perdana kunjungan kepala BNN-RI ke UNP akan dimanfaatkan oleh UNP untuk meningkatkan kerja sama dengan BNN khususnya dalam program edukasi untuk masyarakat.

"UNP dengan adanya Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling (UPBK) dapat memberikan konseling secara preventif dan represif pada mahasiswa dan masyarakat yang terkena dampak kecanduan narkoba," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mengintegrasikan materi program anti narkoba melalui kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB), kegiatan dakwah di Masjid UNP dan menjalin kerja sama dengan BNN Provinsi Sumbar, dan Gerakan Anti Narkoba (Granat).

Termasuk juga pada aktivitas riset dan pengabdian dosen, tercatat sudah banyak yang melakukan studi tentang isu narkoba dan penyuluhan pada kelompok sasaran.

Komitmen UNP dalam memberantas Narkoba telah berlangsung lama melalui pendidikan anti narkoba, pembentukan UPBK, penguatan pendidikan karakter, termasuk tes narkoba bagi mahasiswa baru.

UNP juga mendatangkan para narasumber untuk kuliah umum bertajuk masalah narkoba yang ditujukan untuk civitas akademika UNP. 

Baca juga: BNN: Perubahan jalur ke Indonesia jadi pola baru sindikat narkotika
Baca juga: BNN RI-Australia memperkuat kerja sama redam peredaran narkoba
Baca juga: BNN RI raih penghargaan di Indonesia Awards 2021

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022