Makassar (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR melakukan peninjauan ke Provinsi Sulawesi Selatan untuk melihat hasil pelayanan dari pembangunan yang mendapat bantuan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Hj Diah Pitaloka di Makassar, Kamis, mengatakan, tujuan kedatangan tim dari Komisi VIII DPR untuk memantau dan mengetahui pelayanan Kemenag khususnya di Sulsel.

"Kami ingin melihat pelayanan Kemenag di Sulsel, mengingat COVID-19 sudah memasuki tahun ketiga maka tentu banyak perubahan dinamika dalam pelaksanaannya," ujarnya.

Baca juga: Kemenkeu: Pembiayaan proyek SBSN sejak 2013 capai Rp175,38 triliun

Diah Pitaloka yang menjadi ketua tim rombongan dalam lawatannya melihat madrasah banyak mendapat bantuan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Sulsel.

Ia pun meminta langsung kepada Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Khaeroni agar memperhatikan fisik bangunan dan sumber daya manusianya (SDM) karena begitu banyak pembangunan.

"Ada banyak pengembangan dilakukan di Sulsel khususnya madrasah. Ini perlu diperhatikan fisik dan sumber daya manusianya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni menyebutkan, Kemenag Sulsel saat ini fokus dalam membangun upaya peningkatan layanan bagi umat melalui program revitalisasi KUA dan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) serta pembangunan pendidikan agama dan keagamaan.

Menurut dia, beberapa program dan revitalisasi yang dilaksanakan membutuhkan pengelolaan dan pendanaan dengan memanfaatkan berbagai skema pembiayaan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Salah satunya, kata dia, adalah program peningkatan sarana prasarana madrasah yang bersumber dari anggaran melalui pembiayaan SBSN.

"Akan tetapi kita juga harus berpikir kreatif dan inovatif, untuk mencari formula lain yang tidak bertentangan dengan regulasi yang ada dalam membantu perkembangan Madrasah kita, misalnya dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerja, tanpa harus terus berharap dari bantuan negara seperti SBSN," ucapnya.

Selain Wakil Ketua Komisi VIII Diah Pitaloka, turut hadir dalam kunjungan tersebut sejumlah Anggota DPR-RI seperti H.Samsu Niang dari PDIP, H. Arwan M. Aras T, (PDIP), Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie, (Golkar), Muhammad Ali Ridha, (Golkar) Hj. Sri Wulan, (Nasdem), KH. Bukhori, (PKS), H. Muhammad Rizal, (PAN), H. Jefrey Romdonny (Gerindra), dan yang lainnya.


Baca juga: Kemenkeu alokasikan SBSN untuk 880 proyek 2022 Rp29,53 triliun

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022