Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Kamis yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari puluhan wali murid lapor ke Ombudsman karena anaknya dilarang belajar hingga side event perdana W20 Indonesia 2022 akan digelar di Likupang.

Berikut ringkasan berita humaniora pada Kamis:

1. Puluhan wali murid lapor ke Ombudsman karena anaknya dilarang belajar

Puluhan wali murid di Padang melaporkan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan setempat ke Ombudsman perwakilan Sumatera Barat, karena anak mereka dilarang belajar tatap muka oleh pihak sekolah akibat belum melaksanakan vaksin COVID-19.

"Kami melapor ke Ombudsman karena anak-anak tidak mendapatkan hak untuk belajar, seharusnya jika memang orang tuanya tidak bersedia anaknya divaksin, anak tetap bisa belajar di rumah secara daring, namun yang terjadi sekarang pihak sekolah menyuruh kami mengajar anak sendiri," kata perwakilan orang tua murid, Andre Astoni di Padang, Kamis.

2. Kemenkes umumkan "Top 10" mall tak patuh gunakan PeduliLindungi

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan sepuluh besar atau 'Top 10' pusat perbelanjaan mall hingga restoran yang dianggap tidak patuh pada penggunaan aplikasi PeduliLindungi selama kurun 23 Januari hingga 6 Februari 2022.

"Laporan ini berdasarkan data monitoring yang dihimpun Kemenkes dari aktivitas penggunaan aplikasi PeduliLindungi di mall, hotel, restoran dan tempat wisata," kata Juru Bicara Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

3. Menparekraf: Pebalap tes pramusim MotoGP Mandalika bisa berwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, selain menjalani tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat, para pebalap juga bisa berwisata dengan menikmati keindahan alam Pulau Lombok, Indonesia.

"Antusiasme pebalap bisa dilihat di foto postingan media sosial mereka, sangat mengapresiasi keindahan Lombok," kata Sandiaga Uno, saat konferensi pers, setelah selesai mengecek kesiapan tes pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika di Praya, Lombok Tengah, Kamis.

4. Side event perdana W20 Indonesia 2022 akan digelar di Likupang

Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara menjadi lokasi yang dipilih sebagai side event perdana pada 14-16 Februari 2022 dalam rangkaian pelaksanaan W20 Indonesia 2022.

Chair W20 Indonesia 2022 Hardiani Uli Silalahi dalam acara Media Update "Rangkaian Kegiatan Multilateral - Women20 Indonesia, di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa W20 akan mengadakan sejumlah side events di beberapa destinasi wisata di Indonesia untuk memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada dunia.

"Sesuai dengan anjuran pemerintah ya, bahwa kita harus menciptakan destinasi-destinasi wisata selain dari Bali. Di Indonesia itu banyak sekali (destinasi wisata), bukan hanya Bali saja. Jadi tentu kami memilih dua destinasi prioritas, yang pertama adalah di Likupang dan nanti ditutup juga dengan destinasi prioritas yaitu di Danau Toba," kata Uli.

5. MUI: Vaksin Merah Putih Unair sudah kantongi sertifikat halal

Vaksin Merah Putih yang dibuat oleh Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah melalui serangkaian pengujian dari Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan (LPPOM) MUI serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sesuai dengan mekanisme MUI, teman-teman auditor dari LPPOM MUI melakukan pemeriksaan, baik dokumen maupun lapangan terkait komposisi dan proses produksi. Vaksin COVID-19 produk Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals vaksin COVID-19 dengan nama vaksin Merah Putih hukumnya suci dan halal," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam di Kantor MUI Jakarta, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022