Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melemah pada perdagangan Jumat pagi, karena saham teknologi dijual setelah data inflasi AS yang panas melanjutkan alasan pendekatan yang lebih agresif untuk menaikkan suku bunga Fed, sementara penambang kelas berat membatasi kerugian.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia tergelincir 0,5 persen menjadi diperdagangkan di 7.249,50 poin pada pukul 23.28 GMT, menghentikan kenaikan beruntun tiga hari. Indeks acuan menguat 0,3 persen pada Kamis (10/2/2022), dan berada di jalur untuk kenaikan 1,7 persen minggu ini.

Sektor teknologi jatuh 2,8 persen, mengikuti aksi jual semalam di Indeks Komposit Nasdaq Wall Street terkait angka inflasi.

Saham Block Inc yang tercatat di Australia anjlok 5,2 persen, sementara Xero dan WiseTech Global masing-masing kehilangan sekitar 2,9 persen.

Secara terpisah, Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe sekali lagi mendorong kembali seruan untuk kenaikan suku bunga, mengatakan bahwa menaikkan suku bunga terlalu dini dapat membahayakan tujuan ketenagakerjaan negara itu, dan bahwa dewan siap untuk bersabar.

Insurance Australia Group naik 2,1 persen pada Jumat pagi setelah klaim bahaya alam yang lebih tinggi mendorong pendapatan tunai setengah tahun turun 62 persen tetapi masih mengalahkan perkiraan.

Saham sektor keuangan melemah 0,5 persen, dengan empat pemberi pinjaman terbesar negara itu menyerah antara 0,2 persen dan 1,1 persen.

Melawan suasana suram, penambang kelas berat membatasi kerugian pada indeks acuan dengan kenaikan 0,9 persen, dipimpin oleh BHP Group yang naik lebih dari 2,0 persen, dibantu oleh harga bijih besi yang kuat.

Rio Tinto dan Fortescue Metals Group juga masing-masing menambahkan sekitar 1,4 persen.

Indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru tergelincir 1,0 persen menjadi diperdagangkan di 12.297,81 poin pada pukul 23.28 GMT.

Baca juga: Saham Australia berakhir naik di tengah investor amati data inflasi AS
Baca juga: Saham Australia ditutup naik tajam, indeks ASX 200 melonjak 81,60 poin
Baca juga: Saham Australia berakhir menguat, indeks ASX 200 melonjak 1,07 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022