Soal treknya, normal untuk pertama kalinya sedikit kotor, karena tidak ada yang membalap sebelum kami
Lombok Tengah (ANTARA) - Kondisi lintasan yang kotor sempat mengganggu jalannya tes ofisial MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika pada Jumat.

Bendera merah dikibarkan setelah sesi pagi berjalan sekitar satu setengah jam, untuk memberi kesempatan penyelenggara membersihkan lintasan yang kotor, khususnya di tikungan 1.

Trek dibuka kembali pada pukul 12:00 WITA dan para pebalap melanjutkan pengujian motor baru mereka.

Dorna Race Direction Representative Loris Capirossi ketika ditemui Antara di Mandalika, mengatakan bahwa kondisi lintasan yang kotor cukup normal bagi sirkuit baru.

"Soal treknya, normal untuk pertama kalinya sedikit kotor, karena tidak ada yang membalap sebelum kami," kata Capirossi.

Baca juga: Para pebalap MotoGP mulai berkenalan dengan trek Sirkuit Mandalika
Baca juga: Sirkuit Mandalika siap dibuat bising tes ofisial MotoGP

Mantan pebalap MotoGP yang sempat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika pada April tahun lalu itu mengaku terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan di trek itu, meskipun masih ada margin untuk perbaikan.

Soal trek kotor, sementara ini tidak akan jadi masalah, kata dia. "Karena ini baru tes, kami punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya.

"Tapi kami berharap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya. Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru hal seperti itu normal."

Di ruang race control Sirkuit Mandalika, Eddy Saputra selaku Deputy Race Commitee mengungkapkan kondisi trek yang kotor disebabkan karena pembersihan kurang optimal.
 
Pertamina Grand Prix of Indonesia siap menggelar balap MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO-Pertamina


Baca juga: BMKG: Tes Pramusim MotoGP Mandalika dipredIksi hujan ringan sedang

"Normalnya itu dua minggu sebelum balap, tiap hari harus dilakukan pembersihan. Sepertinya mereka (panitia) agak terlambat," kata Eddy.

"Karena lokasinya juga dekat dengan pantai, jadi mungkin debu-debu partikelnya masuk ke trek.

"Intinya satu, kotor, karena ada faktor laut, metode pembersihannya juga lain, harus memakai karpet yang ditarik, (aspal) tidak boleh disikat."

Lebih lanjut, panitia akan menjadwalkan trek dibersihkan setiap pagi, siang dan sore untuk mendukung jalannya tes pramusim di Mandalika.

Tim dan pebalap masih akan sibuk menguji motor baru mereka di Mandalika hingga Minggu, sebelum mengawali musim di Qatar pada 6 Maret nanti.

Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah balapan kedua di kalender MotoGP pada 20 Maret nanti.

Baca juga: Marquez: Quartararo dan Bagnaia akan sangat cepat musim ini
Baca juga: Pol Espargaro akan hadapi musim 2022 dengan cara berbeda

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022