Membantu masyarakat keluar dari krisis pascaerupsi
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai memetakan pembangunan hunian tetap bagi warga korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk dua kecamatan yang paling terdampak yakni Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.

"Bantuan ini dirasa sangat penting untuk membantu masyarakat keluar dari krisis pascaerupsi, sehingga dapat kembali beraktivitas seperti semula," ujar Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Saidah mengatakan dalam proses penyediaan hunian tetap itu Baznas telah berkoordinasi dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta Kementerian PUPR untuk membahas skema pembangunan hunian tetap.

Bagi Baznas, program hunian tetap jadi salah satu fokus Baznas untuk membantu warga terdampak erupsi Semeru serta pendorong kebangkitan ekonomi masyarakat setempat.

Baca juga: BAZNAS serahkan lagi bantuan Rp15 miliar bagi korban erupsi Semeru

Baca juga: Baznas temukan kasus stunting di antara anak-anak terdampak Semeru


"Alhamdulillah upaya Baznas ini mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak. Kami sangat berterima kasih diberi kemudahan dalam membantu sesama," kata dia.

Menurut dia, Baznas sebagai lembaga filantropi pemerintah memang sudah sepantasnya hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Dengan berbagai pelayanan kemanusiaan, kata dia, menunjukkan bahwa Baznas menyalurkan dana zakat, infak, dan sedekah secara tepat sasaran demi kemaslahatan bersama.

"Sejak erupsi yang terjadi pada awal Desember lalu, Baznas langsung menerjunkan tim untuk memberikan aksi pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar Semeru. Seperti evakuasi, pelayanan dapur umum, dapur air, pelayanan kesehatan psikososial, dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengapresiasi bantuan kemanusiaan Baznas. Kolaborasi antara Baznas dan Pemda Lumajang akan mempermudah proses pemulihan agar kehidupan warga terdampak bisa secepatnya berjalan seperti sediakala.

"Ada beberapa catatan soal kebersamaan pembiayaan yang nanti disinkronisasi berkenaan dengan prioritas relokasi yang saat ini kita sedang membangun beberapa kebutuhan fasilitas, termasuk fasilitas umum tempat ibadah, sekolah, madrasah, pasar kemudian kebutuhan ekonominya," kata dia.

Baca juga: Baznas himpun donasi hingga Rp5,4 miliar untuk bantu korban Semeru

Baca juga: BAZNAS Tanggap Bencana bangun pos kesehatan bagi korban erupsi Semeru

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022