Jakarta (ANTARA) - Tingkat keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Rate/BOR) di rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Jakarta Barat meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Dari 23 rumah sakit yang didapuk sebagai tempat isolasi bagi pasien positif COVID-19, 731 tempat tidur sudah terisi hingga Jumat ini.

"731 tempat tidur Isolasi di 23 RS rujukan COVID-19 sudah terisi," kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat Arum Ambarsari saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selain itu, tempat tidur di ruang ICU setiap rumah sakit rujukan juga sudah terisi 88 dari 144 kapasitas yang disediakan.

Ambar mengatakan, warga yang dirawat di rumah sakit merupakan pasien bergejala berat dan memiliki penyakit bawaan (komorbid). Sedangkan untuk pasien tanpa gejala atau OTG dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Sudin SDA Jakbar bantu antar tabung oksigen ke rumah sakit
Baca juga: Kapasitas ruang isolasi dan ICU COVID-19 Jakbar di atas 65 persen


Pihaknya juga menyediakan tempat isolasi terpusat di Masjid Hasyim Asy'ari dan Rumah Susun Pesaki, Daan Mogot.

Selain tempat isolasi, Arum juga menyiagakan ratusan nakes khusus untuk melayani pasien COVID-19 di rumah sakit maupun tempat isolasi terpusat.

Arum memastikan pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk pasien yang dirawat di rumah sakit atau tempat isolasi terpusat.

Walau demikian, Arum tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah sehingga angka penyebaran bisa ditekan.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022