Jakarta (ANTARA) - Memajukan Indonesia perlu dimulai dari pengasuhan anak yang baik di rumah, demikian dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A.

"Dalam rangka memajukan Indonesia, maka perlu dimulai dari pengasuhan anak yang baik di rumah, karena di saat itulah otak mereka berkembang seoptimal mungkin," kata dia dalam sebuah konferensi pers daring, Jumat.

Baca juga: Trauma masa lampau pengaruhi pola asuh pada anak

Oleh karena itu, dia mengingatkan orang tua memastikan anak bisa mengasuh anak seoptimal mungkin melalui pengasuhan yang baik.

Mesty menyadari, saat ini masanya para generasi milenial menjadi orang tua sehingga sedari awal sudah terpapar dengan teknologi. Dalam kegiatan pengasuhan pun, paparan teknologi tak terhindarkan.

Orang tua milenial pun mulai mencari informasi mengenai parenting melalui teknologi termasuk media sosial. Di sinilah, menurut Mesty, pentingnya pakar kesehatan bisa beradaptasi dan memberikan edukasi.

"Ketika mereka (orang tua milenial) menjalankan parenting, mereka mulai mencari informasi melalui teknologi misalnya media sosial. Bagaimana kita bisa beradaptasi dan memberikan edukasi sesuai yang diharapkan audience tetapi tetap mengedukasi," tutur Mesty.

Di lain sisi, melimpahnya informasi khususnya tentang parenting atau di media sosial seringkali tak sesuai dengan jurnal kesehatan. Mesty berpendapat, hal ini mungkin karena kurangnya dokter anak memberikan edukasi melalui media sosial mereka.

Mesty pun ingin agar orang tua bisa mendapatkan informasi yang benar selama menjalankan kegiatan pengasuhan anak mereka tanpa biaya dari pakar kesehatan, termasuk Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K) yang mungkin tak semua orang bisa berkesempatan berkonsultasi dengannya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan dia menghadirkan aplikasi Tentang Anak. Mesty mengatakan Tentang Anak memiliki misi untuk mendampingi seluruh orang tua dan anak di Indonesia untuk memperoleh akses edukasi dan produk terbaik langsung dari pakar atau ahlinya.

"Prof. Hardiono ilmunya banyak banget dan banyak yang ingin bertemu dan belajar dengan Profesor. Aku ingin semua orang tua punya akses ke Prof. Hardiono. Dulu hanya IG live saja. Antusiasme masyarakat besar, akhirnya sekarang launching aplikasi Tentang Anak," demikian kata dia.


Baca juga: Aplikasi Tentang Anak hadirkan beragam informasi soal pengasuhan anak

Baca juga: Waktu yang tepat kenalkan gawai kepada si kecil

Baca juga: Cara orang tua sukseskan "blended learning" untuk buah hati

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022