Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan melibatkan sejumlah dinas atau organisasi perangkat daerah dalam melakukan penanganan dan pengelolaan sampah di daerah aliran sungai Citarum.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi tentang Rencana Aksi Pengelolaan Sampah di Wilayah DAS Citarum," kata Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat Asep Hazar, di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan penanganan dan pengelolaan sampah di DAS Citarum ini merupakan program ISWMP (Improvement of Solid Waste Management to Support Regional Area and Metropolitan Cities), sebuah program peningkatan pengelolaan sampah nasional dengan target utama kota metropolitan dan skala regional.

Baca juga: Satgas Citarum Harum Purwakarta sebar puluhan tempat sampah

Baca juga: Denmark yakin Indonesia mampu tanggulangi sampah laut


"DAS Citarum ini kewenangannya bervariasi, perlu ada intervensi dari seluruh OPD. Dari Kementerian saja sekurang-kurangnya ada tiga kementerian, dan itu bersama-sama dalam menangani Citarum," kata dia.

Atas hal tersebut, khusus di wilayah Karawang pihaknya akan menyinkronkan kegiatan penanganan sampah di wilayah DAS Citarum dan juga dapat memberdayakan masyarakat dengan melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah atau sejumlah dinas di lingkungan Pemkab Karawang.

"Harapannya OPD yang dapat ikut serta menangani sampah di DAS Citarum sesuai dengan tupoksinya ikut berperan aktif dalam menanggulangi persoalan sampah," katanya.*

Baca juga: Kualitas air Sungai Citarum terus meningkat

Baca juga: Satgas Sektor 6 Citarum Harum antisipasi sampah saat hujan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022