Sumatera Selatan (ANTARA) - Pengurus dan atlet bowling nasional berharap bowling center dibangun di daerah-daerah karena kehadiran sarana tersebut dinilai dapat membantu pengembangan dan pembinaan olahraga bowling.

Harapan tersebut disampaikan pengurus Persatuan bowling Indonesia (PBI) kepada Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, di Rumah Dinas Ketua DPD RI, Sabtu.

Menurut Herman, bowling center yang memenuhi standar merupakan kebutuhan mendesak dan menjadu syarat untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi.

"Saat ini ada 16 Pengurus Provinsi (Pengprov) PBI. Namun sebagian besar tidak mempunyai arena bowling. Ada juga yang punya lintasan namun tidak memenuhi standar," kata Herman.

Sejauh ini, arena bowling yang paling bagus ada di Palembang, Sumatera Selatan, yang merupakan arena untuk Asian Games 2018.

"DKI, Jabar, Kaltim, Jatim, Jateng mempunyai arena bowling. Sumut ada tetapi tidak standar, Riau baru mau aktif, Aceh, Sulut, Bali, Lampung itu belum ada," lanjut Herman.

Baca juga: PBI: Indonesia sukses tuan rumah kejuaraan boling dunia

Dalam kesempatan itu Herman juga menyampaikan bahwa PB PBI akan melaksanakan Musyawarah olahraga nasional (Musornas) yang memiliki agenda utama pemilihan Ketua Umum PB PBI periode 2022-2026.

"Musornas rencananya akan berlangsung pada 26-28 Februari 2022 di Jakarta," kata Herman.

Baru ada satu calon Ketua yang diajukan oleh Pengprov PBI DKI Jakarta. Calon lain, menurut Herman belum terlihat muncul.

"Kita pengurus, atlet dan yang berkecimpung di bowling terbuka dengan siapa saja, namun kita berharap figur Ketua dan pengurusnya adalah orang yang benar-benar mengerti olahraga ini," ujar dia lagi.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan penggiat bowling tersebut, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan akan berusaha mendorong daerah-daerah untuk membangun bowling center.

Selain itu dia juga berharap pengurus baru nanti memahami dan mampu mengayomi para atlet bowling.

"Semoga sukses Musyawarah nasional-nya nanti, mampu menghasilkan Ketua dan pengurus yang memahami kebutuhan atlet dan bisa memacu atlet semakin berprestasi," kata LaNyalla.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD RI didampingi Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Deputi Administrasi DPD RI Lalu Niqman Zahir dan Staf Khusus Ketua DPD RI Sefdin Syaifudin.

Sementara rombongan PBI yang hadir antara lain Herman (Pengurus PBI Sumatera Utara) dan lima atlet bowling nasional Indonesia yakni Putty Armeyn, Ryan Lalisang, Shinta Noen, Billy dan Aldila Indriyati.

Baca juga: Ketua DPD RI berharap Pencak Silat dikenalkan ke generasi muda

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022