Pontianak (ANTARA) - Sejumlah anggota Indonesia Sketsa (IS) Kalimantan Barat ikut memeriahkan Festival Hari Komik Nasional dengan mengelar diskusi
tentang sketsa di Rumah Gemawan Pontianak.

"Kami diundang oleh Gemawan yang menjadi panitia dalam kegiatan Festival Hari Komik Nasional di Pontianak. Komik ini memang bercerita tentang ilustrasi gambar-gambar dan juga diikutsertakan dalam memamerkan karya-karya sketsa kami," kata Aulia Arfiansyah Arief, salah satu anggota IS Pontianak, Sabtu.

Menurut Aulia yang juga Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat (Kalbar) itu, IS Kalbar sangat menyambut baik  dilibatkan dalam kegiatan Festival Hari Komik Nasional.

"Ini merupakan penghargaan buat kami dari organisasi IS dan kegiatan ini akan dilaporkan ke organisasi di tingkat pusat. Bersyukur dapat menunjukkan keberadaan IS Kalbar dan pihak lainnya dalam melakukan perubahan sosial melalui karya-karya sketsa ini," kata Aulia.

Menurut dia, karya buku-buku komik merupakan salah satu media edukasi yang sangat ampuh dalam menggerakkan masyarakat di berbagai kalangan generasi, terutama generasi sekarang untuk membaca.

"Melalui kegiatan ini pula kami merasa diakui sebagai seniman, paling tidak melalui karya sketsa ini dapat bercerita, tentang Kota Pontianak ini," ujarnya.

Dia menambahkan, karya-karya sketsa yang dituang dalam komik juga dapat digunakan dalam melakukan edukasi dan sosialisasi program-program Bangga Kencana BKKBN, khususnya untuk bidang KSPK serta sebagai media mensosialisasikan percepatan penurunan stunting (kerdil) di Kalbar.

"Beberapa karya komik tentang sosialisasi KSPK, stunting dan program Bangga Kencana lainnya sudah kami lakukan dan nantinya akan terus ditingkatkan lagi," katanya.
Baca juga: Festival Komik bergengsi Eropa cari komikus berbakat Indonesia
Baca juga: Festival Komik Internasional Angouleme ingin pamerkan karya Indonesia

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022