perekrutan itu dianggap warga setempat tidak jujur dan penuh kecurangan; alhasil warga memblokade jalan masuk....
Benete, NTB (ANTARA News) - Manajemen PT Newmont Nusa Tenggara akhirnya membatalkan seluruh proses perekrutan pegawai baru perusahaan pertambangan di Batu Hijau itu, yang belakangan memicu aksi demonstrasi besar-besaran oleh warga setempat.

Padahal, proses perekrutan itu justru baru dimulai hari ini. Proses perekrutan itu dianggap warga setempat tidak jujur dan penuh kecurangan; alhasil warga memblokade jalan masuk ke situs pertambangan Batu Hijau, membakari ban-ban dan jembatan, serta menghalau siapapun yang akan masuk dan keluar dari sana.

"Kami telah mendengarkan keluhan-keluhan dan tuduhan-tuduhan para pelamar yang tidak berhasil lulus seleksi. Kami memerlukan waktu untuk menyelidiki keluhan-keluhan dan tuduhan-tuduhan tersebut dan memahami apa yang sebenarnya terjadi," kata General Manager Operations PT NNT, David Lilley, di Benete, Rabu.

PT NNT tidak akan dapat memenuhi seluruh tuntutan para pendemo, yang meminta agar mereka semuanya dipekerjakan. Menurut Lilley, cuma ada 230 posisi baru yang ada sementara pelamar sangat banyak, hingga 5.500 orang.

Tuduhan-tuduhan disampaikan kepada manajemen PT NNT oleh para demonstran dan pihak-pihak lain. Di antara tuduhan itu, kutipan biaya agar memperoleh jaminan pekerjaan, distribusi kuota yang tidak adil terhadap beberapa desa, sampai katebelece.

"Kami sangat memahami hal ini harus secara adil, terbuka dan transparan. Kami akan menyelidiki tuduhan-tuduhan tersebut, bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan proses rekrutmen karyawan  adil dan dapat diterima bisa dilakukan sesegera mungkin," kata Lilley.

Setelah menyatakan komitmen perusahaan pertambangan PMA dari Australia itu, Lilley juga berharap para demonstran akan kembali pulang dan kegiatan operasi dapat segera kembali seperti biasa. (ANT)











Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011