Jakarta (ANTARA) - Megabintang Los Angeles Lakers LeBron James menjadi pencetak skor terbanyak dalam sejarah NBA berdasarkan catatan gabungan di seluruh pertandingan musim reguler dan playoff, melampaui pemegang rekor sebelumnya, Kareem Abdul-Jabbar.

Dalam pertandingan melawan Golden State Warriors, Sabtu waktu setempat, James hanya membutuhkan 19 poin untuk melewati rekor Abdul-Jabbar, yang mengakhiri kariernya dengan 44.149 poin, termasuk 38.387 di musim reguler dan 5.762 pada pascamusim.

Rekor tersebut dipatahkan saat ia melesakkan tripoin pada sisa waktu kurang dari lima menit memasuki kuarter ketiga untuk membukukan poin ke-21 dalam pertandingan tersebut.

Baca juga: LeBron James cetak 29 poin saat Lakers ungguli Magic 

Lantas, ia menyelesaikan pertandingan dengan mengumpulkan 26 poin untuk mencetak 44.152 angka di sepanjang kariernya. Sayangnya, dia gagal memanfaatkan hadiah tiga lemparan bebas yang sebetulnya bisa mendongkrak poin timnya di detik-detik terakhir sehingga Lakers pun harus menelan kekalahan dengan skor tipis 115-117 dari Warriors. 


Pria berusia 37 tahun itu kini duduk di urutan ketiga dalam daftar pencetak angka terbanyak NBA untuk musim reguler dengan raihan 36.526 poin, namun berada di peringkat teratas dalam daftar skor pascamusim NBA dengan 7.656 poin.

Catatan James kian mendekati legenda Utah Jazz Karl Malone yang menempati posisi kedua dalam daftar pemain paling subur selama musim reguler NBA dengan 36.928 poin sepanjang kariernya. Sementara pencetak skor terbanyak musim reguler NBA sepanjang sejarah masih dipegang oleh Kareem Abdul-Jabbar dengan 38.387 angka.

James sebelumnya telah melewati rekor Michael Jordan di urutan pertama pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah playoff NBA pada 2017 lalu, demikian laporan AFP. 

Baca juga: LeBron James bebas protokol COVID NBA setelah hasil tes negatif 
Baca juga: Tanpa LeBron James, Lakers masih mampu taklukkan Kings 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022