Jakarta (ANTARA) - Desainer Brandon Maxwell mendedikasikan koleksi busana Musim Gugur/Musim Dingin 2022 di New York Fashion Week untuk sang nenek yang telah memberinya inspirasi di dunia mode.

Maxwell mengakui pertunjukan koleksi busana kali ini bukanlah sesuatu yang mudah baginya. Nenek berusia 84 tahun yang ia sebut dengan panggilan Mammaw itu divonis menderita Alzheimer.

“Ini adalah pengalaman yang sangat pribadi, tetapi saya harus menghadapi sesuatu yang belum pernah saya hadapi. Melakukan itu melalui pekerjaan saya tidak hanya membuka pengetahuan, tetapi juga terapeutik bagi saya," katanya kepada The Hollywood Reporter, dikutip pada Senin.

Baca juga: Liburan bersama Anna Sui di "Another day in paradise"
 
Koleksi Brandon Maxwell Musim Gugur/Musim Dingin 2022 yang dimodelkan selama New York Fashion Week di Daryl Roth Theatre, 12 Februari 2022, di New York, Amerika Serikat. (Foto oleh Charles Sykes/Invision/AP)


Koleksi Musim Gugur/Musim Dingin itu ditampilkan pada Sabtu (12/2) malam waktu setempat di Daryl Roth Theatre, Union Square New York, AS. Koleksi tersebut terdiri dari 31 busana yang dikenakan oleh para supermodel di atas catwalk seperti Karlie Kloss, Bella dan Gigi Hadid, serta Mayowa Nicholas.

Maxwell mengatakan dia juga sempat memberi tahu kepada para modelnya mengenai betapa pentingnya koleksi kali ini sesaat sebelum pertunjukan berlangsung.

"Saya mengatakan kepada mereka sebelum pertunjukan bahwa ini adalah satu-satunya kesempatan saya untuk menghormati hidupnya," katanya kepada Associated Press.

Tidak seperti peragaan busana sebelumnya yang penuh dengan warna-warna berani, pola psikedelik, hingga musik yang menggelegar, koleksi Maxwell kali ini menampilkan nuansa yang netral, hangat, dan nyaman.
 
Koleksi Brandon Maxwell Musim Gugur/Musim Dingin 2022 yang dimodelkan selama New York Fashion Week di Daryl Roth Theatre, 12 Februari 2022, di New York, Amerika Serikat. (Foto oleh Charles Sykes/Invision/AP)


Busana yang ia tampilkan termasuk sweater rajut yang dipasangkan dengan syal serta rok panjang satin. Ada pula sweater yang dipadupadankan dengan rok ballgown yang tebal, jaket warna karamel yang dipasangkan dengan rok tulle hitam, dan gaun sutra gading strapless dengan draping yang menjuntai di bagian depan.

Desainer kelahiran Texas itu juga menampilkan gaun-gaun dibuat khusus untuk momen karpet merah menjelang akhir pertunjukan. Gaun-gaun itu sebagian besar berwarna hitam atau putih.

Maxwell sendiri juga dikenal sebagai desainer yang telah merancang busana untuk sejumlah bintang Hollywood, termasuk busana Lady Gaga untuk Met Gala 2019. Selain itu, Thandiwe Newton serta Blake Lively juga masuk dalam jajaran bintang papan atas yang pernah mengenakan busana Maxwell.

Baca juga: Pekan Mode New York wajibkan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung

Baca juga: Tom Ford batalkan peragaan busana di New York Fashion Week

Baca juga: CC by Clo jadi bagian dari INDOPOP MOVEMENT di New York

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022