Jakarta (ANTARA) - Harga mobil yang semakin terjangkau dan tuntutan masyarakat untuk kemudahan akses dan mobilitas membuat mobil kini tak lagi menjadi kebutuhan barang mewah atau tersier. Bahkan, kini memiliki kendaraan roda empat bisa dibilang sebagai kebutuhan primer. Inilah mengapa, sangat penting untuk Anda memberikan perlindungan tambahan untuk kendaraan dari berbagai hal yang tidak diinginkan, tentunya dengan mendaftar dalam asuransi.

Asuransi kendaraan mobil terbaik kini sangat beragam dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, ada dua tipe asuransi mobil, yaitu all risk atau komprehensif dan Total Loss Only atau TLO. Jika dilihat dari sisi harga, asuransi all risk punya biaya premi yang memang lebih tinggi dibandingkan dengan TLO. Tentu saja, asuransi all risk menjadi pilihan yang direkomendasikan.

Apa Itu Asuransi All Risk?
Seperti namanya, asuransi all risk merupakan jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan proteksi pada mobil Anda dari semua bentuk risiko yang bisa terjadi. Ini meliputi bencana alam, kecelakaan, kerusakan karena kerusuhan, hingga kehilangan atau pencurian.

Tak hanya itu, jenis asuransi ini juga memberikan perlindungan untuk kendaraan Anda baik kecelakaan ringan hingga kecelakaan parah. Jaminan inilah yang membuat asuransi komprehensif banyak dipilih oleh pemilik kendaraan roda empat.

Lingkup Proteksi Asuransi All Risk
Memang benar, biaya premi untuk asuransi kendaraan tipe all risk bisa dibilang lebih tinggi. Akan tetapi, hal tersebut tentu sebanding dengan berbagai manfaat yang diberikan, bukan? Nah, terkait hal tersebut, apa saja sebenarnya lingkup proteksi yang dimiliki oleh asuransi ini? Berikut di antaranya:

 ● Mobil yang mengalami tabrakan, kecelakaan, benturan, terperosok, tergelincir, dan terbalik.
 ● Mobil mengalami kerusakan karena perbuatan orang lain.
 ● Mobil dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
 ● Mobil mengalami kerusakan karena tersambar petir atau kebakaran.
 ● Mobil mengalami kerusakan selama menyeberangi laut dengan menggunakan kapal feri.
 ● Bagian roda mobil rusak karena kecelakaan.
 ● Layanan pengangkutan atau derek menuju ke bengkel mobil terdekat.

Keuntungan Memilih Asuransi All Risk untuk Mobil
Lalu, apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih asuransi all risk sebagai asuransi kendaraan mobil terbaik?

Perlindungan Mobil Sepenuhnya
Anda tidak perlu khawatir soal besarnya biaya yang harus dikeluarkan saat kendaraan mengalami kerusakan. Pasalnya, asuransi komprehensif menanggung semua kerusakan pada kendaraan roda empat Anda secara total. Tidak seperti asuransi TLO yang baru memberikan jaminan saat mobil mengalami kerusakan yang lebih parah.

Lingkup Manfaat yang Luas
Tak hanya itu, asuransi komprehensif juga menawarkan lingkup manfaat yang lebih luas. Lingkup perlindungan ini termasuk apabila kendaraan mengalami kerusakan karena kerusuhan, bencana alam, bahkan hingga menjamin perlindungan pada pihak ketiga apabila kecelakaan melibatkan pengguna jalan lainnya.

Meningkatkan Ketenangan dan Rasa Aman
Karena memberikan proteksi untuk semua bentuk risiko pada kendaraan, menggunakan asuransi all risk tentu membuat Anda lebih tenang, aman, dan nyaman saat berkendara. Tidak perlu lagi khawatir jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan Anda, terlebih soal biayanya.

Perluasan Manfaat dari Asuransi All Risk
Apabila Anda memutuskan untuk membeli asuransi all risk untuk kendaraan, Anda berkesempatan untuk mendapatkan perluasan lingkup manfaat dari asuransi tersebut. Berikut cakupan perluasan yang dimaksud:

Tanah Longsor, Hujan Es, Badai, Banjir, dan Angin Topan
Semua bentuk bencana alam yang tidak terduga, seperti angin topan, hujan es, tanah longsor, badai, dan banjir bisa mengakibatkan kerusakan pada kendaraan setiap saat. Bahkan, kerusakan yang ditimbulkan bisa cukup parah yang membuat Anda harus merogoh kocek yang dalam untuk memperbaikinya.

Inilah mengapa, Anda disarankan untuk ikut serta dalam program asuransi komprehensif. Anda bisa memperluas cakupan proteksi kendaraan dari berbagai ancaman bencana alam. Terlebih jika Anda tinggal di wilayah yang memang rawan terjadi banjir.

Gunung Meletus, Tsunami, dan Gempa Bumi
Bencana alam lainnya seperti tsunami, gempa bumi, dan gunung meletus pun bisa mengakibatkan kerusakan mobil yang cukup parah. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memilih asuransi komprehensif karena bisa memperluas perlindungan mobil dari bencana alam tersebut.

Kerusuhan, Sabotase, Terorisme, dan Huru-Hara
Tindak kerusuhan atau huru-hara yang dilakukan orang-orang di jalanan terkadang tidak lagi peduli kendaraan siapa yang mereka rusak. Bukan tidak mungkin mobil Anda adalah sasarannya, dan Anda pun tidak mungkin menuntut ganti rugi pada pihak tersebut, bukan?

Tak hanya itu, perluasan ini pun bisa Anda rasakan manfaatnya saat kendaraan menjadi korban sabotase maupun terorisme. Inilah sebabnya sangat penting untuk memilih perluasan manfaat asuransi yang memberikan jaminan perlindungan untuk kerusuhan dan huru-hara.

Kecelakaan pada Diri Sendiri
Memilih perluasan layanan asuransi all risk pada kecelakaan diri dapat membantu melindungi Anda dan penumpang dari risiko kecelakaan kendaraan. Ini termasuk tubuh yang mengalami luka atau bahkan cacat sampai semua biaya pengobatan yang Anda keluarkan hingga sembuh sepenuhnya.

Nah, terkait biaya premi untuk asuransi komprehensif tidak sama. Ini bergantung pada perusahaan asuransi yang Anda pilih, tipe kendaraan dan wilayah domisili Anda, dan manfaat yang Anda pilih. Jika Anda mencari asuransi kendaraan mobil terbaik, pilihannya tentu saja sangat beragam. Salah satunya yang direkomendasikan untuk Anda adalah Traveloka Lifestyle SuperApp. Jadi, pastikan Anda memilih asuransi mobil dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022