Peluang kerja sektor formal yang ditawarkan itu berada di Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hong Kong, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Maladewa, dan Singapura.
Palu (ANTARA News) - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan menyelenggarakan "job fair" atau bursa kerja luar negeri di Gedung 45 Makassar, Sulawesi Selatan, pada 8-9 Agustus 2011.

Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI Yunafri di Palu, Jumat, mengatakan "job fair" akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan dihadiri antara lain oleh Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat.

Pada pembukaan "job fair" itu, Kepala BNP2TKI akan memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Sulawesi Selatan atas upayanya dalam meningkatkan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI.

Selain itu, katanya, akan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dalam penerapan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di Sulawesi Selatan.

Penyelenggaraan "job fair", pemberian piagam penghargaan, dan penandatangan kesepakatan bersama itu diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan IV BNP2TKI di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan 3-13 Agustus 2011.

Yunafri menyebutkan "Job Marketing Fair TKI Formal 2011" di Makassar itu menyediakan 40 anjungan peserta terdiri atas perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), perbankan, asuransi TKI, balai latihan kerja luar negeri, dan sarana kesehatan.

Ia berharap kegiatan itu dapat menjaring minat masyarakat untuk mengisi peluang kerja di luar negeri pada sektor formal seperti konstruksi, manufaktur, operator, kesehatan, terapi spa, pertanian, sopir, dan penjahit.

Peluang kerja sektor formal yang ditawarkan itu berada di Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hong Kong,
Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Maladewa, dan Singapura.

Bursa kerja itu menawarkan peluang kerja di Malaysia di bidang konstruksi dan manufaktur seperti barang-barang elektronik dan kayu lapis (plywood).

Untuk di Taiwan dan Hong Kong ditawarkan peluang kerja sebagai operator produksi dan perawat.

Sedangkan untuk Brunei Darussalam ditawarkan peluang kerja sebagai sopir, pekerja konstruksi dan teknik serta penjahit.

Adapun pemagangan kerja di Jepang peluang kerja yang ditawarkan adalah pada industri motor, manufaktur, pertanian, dan peternakan.

Yunafri mengatakan masyarakat yang berminat bekerja di sektor formal itu dapat mendaftarkan diri secara langsung di arena bursa kerja itu.


Kesepakatan Bersama


Terkait isi kesepakatan bersama antara BNP2TKI dan Pemprov Sulawesi Selatan itu, Yunafri menjelaskan maksud dan tujuan kesepakatan bersama itu adalah menerapkan Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN) di mana mekanisme pendaftaran calon TKI dimulai dari tingkat Dinas yang berkaitan dengan ketenagakerjaan di tingkat kabupaten/kota.

Lalu, menerapkan Sistem Pendataan dan Kedatangan Kepulangan TKI (SIPENDAKI); menerapkan sistem aplikasi Infokerja BNP2TKIn guna pendataan pencari kerja ke luar negeri, fasilitasi informasi lowongan ke luar negeri dan proses pencocokan antara pencari dan peluang kerja yang tersedia; dan menerapkan sistem aplikasi Crisis Center guna memberikan pelayanan atas permasalahan/kasus yang dialami calon TKI/TKI baik dalam pra, masa maupun purnapenempatan.

Ruang lingkup kesepakatan bersama itu meliputi sosialisasi dan pelatihan operasionalisasi sistem "online" yang telah dikembangkan BNP2TKI; operasionalisasi sistem online guna peningkatan kualitas pelayanan penempatan dan perlindungan TKI; bantuan teknis permasalahan operasionalisasi sistem online; kemudahan untuk saling akses dan pertukaran informasi guna verifikasi validasi data individu calon TKI dan data persediaan calon TKI.

Kemudian, penyebarluasan dan pemanfaatan informasi pasar kerja luar negeri, data TKI yang dalam proses penempatan, purna penempatan serta penyelesaian permasalahan penempatan dan perlindungan TKI; dan menyusun rencana program terpadu operasionalisasi dan pengembangan sistem online penempatan dan perlindungan TKI.

Sebelumnya BNP2TKI telah menandatangani kesepakatan bersama yang serupa dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011