Mataram (ANTARA News) - Lima orang atlet atletik dari Nusa Tenggara Barat berhasil menyumbang emas bagi tim Indonesia yang berlaga di kejuaraan atletik Asia-Vietnam Open 2011 yang digelar di Hanoi sejak Rabu (3/8).

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) NTB, H Arsyad Gani, di Mataram, Jumat, mengatakan kelima atlet binaannya berkontribusi signifikan bagi tim atletik Indonesia dengan tujuh medali emas, empat perak, dan tiga perunggu.

"Kelima atlet NTB penyumbang medali emas adalah Nurul Imaniar dan Rostina di nomor estafet 4 kali 100 meter putri. Kemudian Maryati, medali emas di nomor estafet 4 kali 400 meter putri dan medali perunggu di nomor 400 meter gawang putri," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan tim putri juga diikuti dua pelari putra NTB, Arif Rachman, yang berhasil menyumbang medali emas di nomor 4 kali 100 meter putra dan Abdul Razak melalui nomor 400 meter gawang putra.

Arsyad sangat bangga dengan prestasi yang diperoleh atlet NTB dan berharap prestasi itu bisa dipertahankan pada ajang bergengsi laiinnya.

Nurul Imaniar, Rostina, Mariyati, Arif Rachman dan Abdul razak merupakan atlet atletik andalan NTB yang dipersiapkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB, untuk meraih emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 Riau.

"Kelima atlet itu bergabung dengan 22 tim Indonesia dari berbagai provinsi yang dikirim mengikuti kejuaraan atletik Asia-Vietnam Open 2011. Pada kejuraan itu Indonesia meraih tujuh medali emas, empat perak dan tiga medali perunggu," katanya.

Ketua Umum KONI NTB Kasdiono juga memberikan apresiasi yang cukup besar bagi atlet NTB dan bertekad akan terus melakukan pembinaan secara optimal mereka.

"Vietnam Open bagi tim Indonesia, merupakan ajang pemanasan sebelum menghadapi atlet handal dari negara kawasan Asia Tenggara di multi even Sea Games 2011 Jakarta. Jadi kami juga akan ikut berperan melalui pembinaan atlet secara optimal," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011