Jakarta (ANTARA) - Masalah kesiapan mental sering diabaikan oleh sebagian besar orangtua ketika memiliki anak, alhasil risiko untuk mengalami depresi lebih besar dibandingkan dengan yang telah memiliki persiapan psikologis secara matang.

Inez Kristanti, psikolog klinis dan relationship expert mengatakan kesiapan psikologis menjadi hal yang penting bagi suami dan istri ketika memiliki rencana kehamilan dan pasca persalinan. Cara mendidik anak pun akan berpengaruh jika orangtua tidak siap secara mental.

"Terkadang kita masih sering kurang memperhatikan kesiapan psikologis. Menjadi orangtua itu merupakan sebuah tanggung jawab, kadang-kadang kita juga tidak pernah memperhatikan apa saja yang perlu dihadapi orangtua," ujar Inez dalam webinar pada Senin.

Mental yang matang bertujuan untuk membuat orangtua merasa lebih sejahtera dari sisi pemikiran. Selain itu, persiapan psikologis ini juga berguna untuk mencegah post partum depression atau baby blues bagi seorang ibu yang baru melahirkan.

Baby blues sendiri cukup banyak dialami oleh para ibu yang baru melahirkan. Jika tidak disiapkan sejak dini, masalah ini bisa berlanjut menjadi depresi.

"Baby blues ini cukup banyak dialami tapi versi lebih ekstremnya itu adalah post partum depression. Ini bisa berkurang dengan mengantisipasi dan mempersiapkan diri dengan baik bagi ibunya," kata Inez.

Tak hanya ibu, seorang ayah pun bisa mengalami masalah kesehatan jiwa jika psikologisnya tidak siap. Ditambah lagi dengan masalah finansial yang dapat membuat stres.

“Kesiapan psikologis tidak bisa dipisahkan dengan kesiapan finansial. Ada banyak lini sebenarnya ekonomi, mendidik anak di rumah, menjadi orangtua yang hadir, yang peka terhadap emosi anak sehingga bisa memberikan dampingan yang sesuai untuk anak,” ujar Inez.

"Mempersiapkan tubuh dengan serius juga penting karena ini dampaknya bukan hanya kepada kita saja tapi juga ke generasi berikutnya," lanjut Inez.

Baca juga: Tantangan Tasya Kamila jadi ibu di tengah pandemi dan era digital

Baca juga: Memajukan Indonesia perlu dimulai dari "parenting" yang baik

Baca juga: Aplikasi Tentang Anak hadirkan beragam informasi soal pengasuhan anak

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022