Di Kota Kediri masih level tiga dan memang kasusnya lagi banyak terkonfirmasi dari luar kota. Jadi, saat ini masih PJJ
Kediri (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kota Kediri, Jawa Timur, belum mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah  sehingga saat ini masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah daring.

"Di Kota Kediri masih level tiga dan memang kasusnya lagi banyak terkonfirmasi dari luar kota. Jadi, saat ini masih PJJ," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Kediri dokter Fauzan Adima di Kediri, Senin.

Ia menambahkan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Kediri segera berkirim surat resmi ke Dinas Pendidikan Kota Kediri terkait dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh lanjutan ini. Di Kota Kediri, PJJ sudah diterapkan satu pekan sebelumnya dan akan dievaluasi satu pekan selanjutnya.

Baca juga: Pemkot Kediri kolaborasi kolaborasi UNP ciptakan motif tenun ikat

"Nanti dinas pendidikan yang akan meneruskan informasi terkait dengan pembelajaran jarak jauh di Kota Kediri," kata dia.

Lebih lanjut, Fauzan mengatakan pihaknya juga saat ini gencar mengimbau masyarakat ikut vaksinasi ketiga atau booster. Saat ini, capaian vaksinasi ketiga masih sekitar 10 persen sehingga diharapkan bisa lebih intensif lagi.

Pihaknya juga meminta masyarakat lebih intensif lagi menerapkan protokol kesehatan, sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Wali Kota Kediri ingatkan warga tak kendur terapkan protokol kesehatan

"Yang sudah vaksin booster itu masih sekitar 10 persen. Kami juga imbau masyarakat untuk lebih disiplin protokol kesehatan," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto menambahkan hingga kini memang belum ada keputusan untuk pembelajaran tatap muka sehingga saat ini masih menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Program ini berlaku mulai tingkat play group hingga SMA, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: Ratusan anggota Polres Kediri Kota disuntik vaksin COVID-19 penguat

"Kalau untuk PTM masih menunggu keputusan dari Satgas COVID-19 Kota Kediri. Untuk saat ini masih PJJ," kata Siswanto.

Pihaknya juga telah meminta kepada seluruh sekolah untuk melakukan review materi yang telah diajarkan. Untuk selanjutnya, sekolah akan mengejar ketertinggalan materi pada saat pertemuan tatap muka (PTM) kembali diselenggarakan.

"Kan ada kurikulum transisi, dari kurikulum transisi akan mengedepankan pengayaan atau remidial," ujar dia.

Baca juga: Petugas PT KAI evakuasi kendaraan tersangkut di perlintasan Kediri

Ia juga mengimbau lembaga bimbingan belajar juga masih tetap melaksanakan PTM agar menerapkan aturan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.

"Semua pengajar bimbingan belajar harus sudah divaksin minimal sampai dosis II. Untuk pelaksanaan selama pengajaran, protokol kesehatannya dijaga jangan sampai kerumunan terjadi," ujar Siswanto.

Di Kota Kediri, hingga Minggu (13/2) terdapat 179 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Ada tambahan 54 orang positif COVID-19. Pada Sabtu (12/2) ada 164 orang yang positif COVID-19. Terdapat 57 orang yang baru terkonfirmasi positif COVID-19, pada Sabtu itu. 

Baca juga: Kabarharkam Polri cek penanganan COVID-19 di Kota Malang

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022