...Sebagai bagian dari industri yang berkontribusi bagi perekonomian, Sampoerna juga sejalan dengan tujuan pemerintah tersebut,
Jakarta (ANTARA) - PT HM Sampoerna Tbk meyakini vaksinasi booster dapat membantu  percepatan pemulihan ekonomi nasional yang sempat lesu karena terimbas pandemi COVID-19.

Direktur PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita mengatakan, perseroan mendorong akses vaksinasi booster bagi karyawannya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

"Pemerintah menetapkan kebijakan vaksinasi booster sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. Sebagai bagian dari industri yang berkontribusi bagi perekonomian, Sampoerna juga sejalan dengan tujuan pemerintah tersebut," ujar Elvira dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: CORE: Prospek kelanjutan pertumbuhan ekonomi RI 2022 jauh lebih baik

Elvira menyampaikan, pada tahap awal, perusahaan telah menyiapkan sekitar 26.000 dosis vaksin booster Sinopharm untuk para karyawannya. Proses vaksinasi booster telah dilakukan sejak awal Februari 2022 bagi karyawan, dimulai dari Karawang dan akan dilanjutkan bagi fasilitas lainnya.

"Secara prinsip, langkah ini merupakan fokus utama dan prioritas perusahaan demi melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja. Kami meyakini upaya mempercepat vaksinasi adalah langkah krusial dalam pengendalian COVID-19 khususnya di tengah kemunculan varian baru Omicron," ujar Elvira.

Ia menambahkan, Sampoerna berupaya agar seluruh karyawan yang memenuhi syarat dapat menerima vaksin booster pada akhir Juni 2022. Pekerja yang dapat menerima vaksin booster yang difasilitasi oleh Sampoerna adalah karyawan yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua setidaknya enam bulan sebelumnya. Sama seperti syarat vaksinasi booster dari pemerintah, pekerja juga harus memiliki e-ticket vaksin ketiga yang dapat diakses melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: 68 persen kasus kematian dialami pasien belum divaksin

Selain vaksinasi booster, lanjut Elvira, Sampoerna secara konsisten dan disiplin melakukan pencegahan penyebaran virus COVID-19 sejak awal pandemi terjadi. Perusahaan selalu memastikan protokol kesehatan yang ketat dilaksanakan dengan baik di lingkungan ekosistem kerjanya.

Emiten berkode saham HMSP itu juga konsisten melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi produksi serta fasilitas umum seperti kantin, toilet, mushola, loker, koperasi, mesin ATM setiap dua jam sekali. Seluruh fasilitas produksi juga tetap menggunakan sistem kompartemen untuk menjaga jarak antar karyawan.

Seiring dengan percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Sampoerna juga menerapkan mekanisme tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) secara rutin. Selain itu, area produksi pun dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan tes swab antigen dan PCR yang bekerja sama dengan laboratorium dan rumah sakit setempat yang juga terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Sebagai perusahaan yang turut berkomitmen terhadap tata kelola perusahaan yang baik, Sampoerna akan terus menjaga dan memprioritaskan keselamatan kerja. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan percepatan vaksinasi booster, diharapkan kami dapat mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus, yang pada akhirnya dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional," pungkas Elvira.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Bobby Gafur Umar menilai kinerja industri cukup baik pada 2021. Kinerja beberapa sektor padat karya yang sejalan dengan program Pemerintah diprediksi makin baik pada 2022 sejalan dengan program pemerintah, khususnya saat pemerintah mempercepat vaksinasi booster.

"Vaksinasi booster dan penanganan pandemi yang tepat selama ini sudah sangat baik menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi. Dampak Omicron diperkirakan kecil terhadap faktor-faktor parameter pertumbuhan ekonomi," ujar Bobby.

Bobby mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2021 mencapai 5,02 persen ditopang konsumsi dan domestik dan ekspor. Hal itu didukung juga dengan program proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan belanja daerah.

Tahun ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen. Kebijakan Presiden Joko Widodo mengendalikan COVID-19 lewat vaksinasi booster dinilai membuat Indonesia lebih siap menghadapi pandemi gelombang ketiga, khususnya varian Omicron.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022