Rapat koordinasi dengan para penyelenggara huntara agar diketahui kelemahan
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto memastikan percepatan pembangunan hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap) bagi warga terdampak bencana Gunung Semeru dengan meninjau kembali progres pembangunannya di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

Kehadiran Kepala BNPB dalam peninjauan itu guna memastikan percepatan program peralihan atau transisi masa tanggap darurat menuju rehabilitasi dan rekonstruksi yang merupakan wujud perhatian pemerintah pusat dalam rangka pemulihan kepada masyarakat terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021.

"Sebagai institusi yang bertanggung jawab terkait penanggulangan bencana maka akan melaksanakan rapat koordinasi dengan para penyelenggara huntara agar diketahui kelemahan dan kekurangannya agar dipacu lagi, supaya lebih cepat lagi pengerjaannya," katanya di Lumajang.

Menurutnya pembangunan hunian sementara warga terdampak bencana Gunung Semeru di Desa Sumbermujur telah mencapai 234 unit, sedangkan hunian tetap telah mencapai 635 unit terhitung sejak dimulainya pembangunan pada 4 Januari hingga 15 Pebruari 2022.

Baca juga: Kepala BNPB : Percepat pembangunan huntara-huntap di kawasan Semeru

Baca juga: BNPB: Penanganan bencana Semeru masuk transisi darurat ke pemulihan


Kepala BNPB melihat langsung beberapa progres pembangunan huntap dan huntara yang sedang berlangsung dan menilai bahwa pembangunan hunian tetap termasuk cepat, namun mantan Pangdam V Brawijaya itu tetap akan mendorong agar proses tersebut dapat lebih dipercepat lagi sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat.

"Pembangunan hunian tetap lebih cepat dibandingkan hunian sementara karena huntap dibangun oleh BUMN di bawah koordinasi Kementerian PUPR, sedangkan huntara dibangun lapisan masyarakat dengan sukarela, sehingga kami ingin mengetahui kendalanya," tuturnya.

Suharyanto menjelaskan hunian sementara dan hunian tetap yang dibangun dipastikan akan memperhatikan faktor kenyamanan dan memberikan ruang untuk melakukan aktivitas ekonomi bagi warga terdampak bencana Gunung Semeru.

Kunjungan Kepala BNPB didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi, dan Direktur Pengelolaan Logistik Peralatan BNPB Nadhirah Seha Nur.

Baca juga: Penanganan bencana Gunung Semeru berfokus ke fase pemulihan

Baca juga: BNPB siapkan DTH untuk pengungsi bencana Gunung Semeru

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022