Jakarta (ANTARA) - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas Ganjar Pranowo menyaingi Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (RK) di Jawa Barat (Jabar).

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei secara daring di Jakarta, Selasa, menjelaskan dalam simulasi empat nama calon, dukungan untuk Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen.

"Angka ini hampir menyaingi Ridwan Kamil sebesar 22,2 persen," ujar Saidiman.

Baca juga: Survei: Ridwan Kamil capres unggulan pilihan warga Jawa Barat

Para responden diberikan pertanyaan 'Bagaimana dukungan warga Jawa Barat terhadap calon-calon presiden bila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini'.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mampu menyaingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Selain dalam simulasi empat nama calon, elektabilitas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga melejit di kategori pilihan top of mind atau jawaban spontan. Menurut Saidiman, masih ada 43 persen responden yang menjawab 'tidak tahu' atau tidak menjawab.

Baca juga: Survei SMRC sebut Ganjar Pranowo tokoh paling disukai pemilih
Baca juga: Ganjar unggul dalam survei capres versi PRC dan PPI



"Ridwan Kamil 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10 persen, sementara nama-nama lain di bawah 3 persen," jelasnya.

Adapun survei ini dilakukan melalui wawancara dengan melibatkan 801 responden pada 5-8 Februari 2022. Survei ini menggunakan asumsi simple random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara, target populasi survei ini adalah warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah. Survei dilakukan lewat telepon dengan mempertimbangkan aspek metodologis secara saksama.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022