Jakarta (ANTARA) - Keluarga mendiang Halyna Hutchins pada Selasa (15/2) waktu setempat mengajukan gugatan terhadap Alec Baldwin dan sejumlah produser lainnya yang terlibat dalam film "Rust" atas tuduhan kelalaian tanggung jawab keselamatan di lokasi syuting.

Hutchins tewas setelah tertembak pada 21 Oktober ketika mempersiapkan adegan di Bonanza Creek Ranch dekat Santa Fe, New Mexico. Pada saat itu, Baldwin memegang pistol dan melepaskan tembakan. Namun Baldwin membantah telah menarik pelatuk pistol tersebut.

Baca juga: Alec Baldwin akan serahkan ponsel untuk diselidiki terkait penembakan

Nyawa Hutchins tidak terselamatkan ketika ia dibawa ke rumah sakit di Albuquerque. Dalam insiden tersebut, sutradara Joel Souza juga mengalami luka pada bagian bahunya.

"Dia (Matthew Hutchins) kehilangan istri yang menjadi cinta dalam hidupnya, dan putranya kehilangan seorang ibu. Seharusnya itu tidak pernah terjadi," kata Brian Panish yang mewakili keluarga Hutchins saat konferensi pers, dikutip dari Variety pada Selasa.

Dalam konferensi pers tersebut, Panish juga menayangkan video yang memuat animasi reka ulang adegan beserta materi pendukung yang memaparkan dugaan kelalaian.

Gugatan itu diajukan atas nama Matthew dan Andros Hutchins di Santa Fe County, New Mexico. Dokumen gugatan mengutip pesan teks antara operator kamera dan produser yang mengeluhkan keamanan atas penggunaan senjata.

Baca juga: Penanggung jawab senjata film Alec Baldwin gugat pemasok properti

Gugatan itu menuduh Baldwin melanggar banyak aturan untuk penanganan senjata api yang aman. Hal tersebut menunjukkan bahwa Baldwin melepaskan tembakan secara sembrono.

Pengacara Randi McGinn menilai bahwa gugatan itu akan diadili dalam waktu yang relatif cepat, sekitar satu setengah hingga dua tahun.

Selain Baldwin, gugatan itu juga menuntut tujuh produser antara lain Ryan Smith, Allen Cheney, Nathan Klingher, Ryan Winterstern, Anjul Nigam, Matthew DelPiano, dan Emily Salveson.

Sejumlah kru film juga masuk dalam gugatan antara lain Sarah Zachry, Dave Halls, Hannah Gutierrez Reed, Gabrielle Pickle, Seth Kenney, dan lainnya.

Sebelum keluarga Hutchins, tiga kru telah mengajukan gugatan atas kasus tersebut yakni pengawas naskah film Mamie Mitchell, pelatih Serge Svetnoy, dan petugas medis utama Cherlyn Schaefer. Reed Gutierrez juga menggugat Kenney, yang bertugas memasok amunisi ke lokasi syuting.


Baca juga: Alec Baldwin mengaku kooperatif dalam penyelidikan

Baca juga: Alec Baldwin ingin dapatkan kedamaian di tahun yang baru

Baca juga: Tim "Rust" akui tak periksa pistol sebelum diberikan pada Alec Baldwin

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022