Keduanya dibantu oleh reli di pasar ekuitas global setelah Rusia mengatakan akan menarik beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina, meskipun penarikan itu tidak diverifikasi.
Sydney (ANTARA) - Dolar Australia dan Selandia Baru naik tipis pada perdagangan Rabu pagi, karena pasar memilih untuk fokus pada tanda-tanda penuh harapan bagi Ukraina, sementara obligasi terpukul oleh pembacaan kuat lainnya yang mengejutkan pada tekanan inflasi AS.

Aussie berdiri di 0,7146 dolar AS, setelah menguat 0,35 semalam, tetapi masih jauh dari tertinggi minggu lalu di 0,7248 dolar AS. Dukungan datang pada 0,7100 dolar AS.

Dolar kiwi mencapai 0,6639 dolar AS, setelah naik 0,4 persen semalam dan jauh dari dukungan di 0,6593 dolar AS. Sekali lagi, itu masih jauh dari tertinggi baru-baru ini di 0,6733 dolar AS.

Baca juga: Dolar tergelincir karena kekhawatiran Omicron mereda, Aussie menguat

Keduanya dibantu oleh reli di pasar ekuitas global setelah Rusia mengatakan akan menarik beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina, meskipun penarikan itu tidak diverifikasi.

Peningkatan sentimen risiko memukul obligasi dengan keras, seperti halnya pembacaan harga produsen AS yang tinggi yang hanya menambah pembicaraan tentang kenaikan suku bunga setengah poin dari Federal Reserve bulan depan.

Pasar lokal juga berbuih, dengan swap menyiratkan peluang satu-dari-tiga bahwa bank sentral Selandia Baru (RBNZ) dapat menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuannya minggu depan.

Baca juga: Aussie menguat, dolar lesu saat optimisme Omicron angkat aset berisiko

Sejauh ini RBNZ telah bergerak dalam penyesuaian seperempat poin dan pembuat kebijakan telah menyatakan kepura-puraan untuk pengetatan bertahap, meskipun data terbaru menunjukkan inflasi dan pasar tenaga kerja berjalan jauh lebih panas dari yang diharapkan.

"Tampaknya tak terelakkan bahwa RBNZ akan menaikkan Official Cash Rate (suku bunga acuan) ketika bertemu Rabu depan (23/2/2022)," kata analis di ANZ dalam sebuah catatan.

"Kami pikir RBNZ akan mendukung kenaikan 25 basis poin yang stabil, tetapi tidak diragukan lagi bank sentral memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengendalikan inflasi, oleh karena itu 50 basis poin tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan."

Sementara itu, bank sentral Australia (RBA) terus bersikeras tidak terburu-buru untuk melakukan pengetatan, pasar tidak hanya memperkirakan kenaikan menjadi 0,25 persen pada Juni, tetapi juga peluang 16 persen untuk kenaikan yang lebih besar.

Imbal hasil obligasi 10-tahun juga memperpanjang lonjakan baru-baru ini hingga mencapai 2,238 persen, tertinggi sejak awal 2019 dan naik 37 basis poin dalam waktu kurang dari dua minggu.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022