Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis putri Indonesia menggasak Kazakhstan dengan menyapu bersih kemenangan lima pertandingan di laga kedua penyisihan Grup Z Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022 di Selangor, Malaysia, Rabu.

Kemenangan ini juga memastikan timnas putri lolos ke babak semifinal setelah pada laga hari pertama menang 4-1 atas tim Hong Kong.

"Menghadapi Kazakhstan kami menurunkan susunan pemain yang berbeda. Harapannya semua pemain bisa merasakan atmosfer pertandingan," kata pelatih tunggal putri Herli Djaenudin lewat keterangan tertulis PP PBSI, Rabu.

Baca juga: Timnas putri Indonesia awali BATC dengan kalahkan Hong Kong
Baca juga: Timnas putra tutup hari pertama BATC dengan kalahkan Hong Kong


Meski Gregoria Mariska Tunjung dan Stephanie Widjaja dari tunggal putri tidak diikutkan, namun Herli menilai secara umum penampilan pemain hari ini terbilang baik dan bisa mengeluarkan kemampuan sesuai harapan.

Pada tunggal putri, timnas Indonesia menurunkan Putri Kusuma Wardani, Bilqis Prasista, dan Saifi Rizka Nurhidayah. Meski Bilqis dan Saifi baru pertama kali turun bermain, mereka juga tampil baik.

"Saya hari ini bermain lebih baik. Lebih nyaman dan tidak tegang lagi seperti kemarin lawan Hong Kong," ujar Putri yang mengatasi Aisha Zhumabek dengan skor 21-8, 21-7.

Penampilan ganda putri juga tak kalah mengesankan. Pasangan Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma yang sebelumnya menelan kekalahan saat melawan Hong Kong, sukses menebus dengan kemenangan dua gim langsung hari ini.

"Kami coba melupakan kekalahan kemarin dan mencari apa yang bisa diperbaiki agar bisa main lebih baik hari ini. Tadi sudah lebih enak mainnya, tinggal menjaga konsistensi saja," Amalia menceritakan.

Kemenangan atas Kazakhstan membawa langkah Indonesia ke babak empat besar. Partai terakhir penyisihan Grup Z melawan Korea Selatan pada Kamis akan menentukan siapa yang jadi juara grup.

"Lawan Korea besok, saya siap kalau diturunkan. Ingin tampil terbaik, makanya hari ini saya yang tak diturunkan bertanding memilih latihan," kata Gregoria.

Baca juga: Chico ungkap kunci kalahkan Lee Cheuk di pertemuan perdana BATC
Baca juga: BATC 2022 ajang unjuk kebolehan para pemain muda


Berikut hasil keseluruhan pertandingan tim putri Indonesia vs Kazakhstan:

Putri Kusuma Wardani vs Aisha Zhumabek, 21-8, 21-7
Bilqis Prasista vs Kamila Smagulova, 21-4, 21-6.
Saifi Rizka Nurhidayah vs Nargiza Rakhmetullayeva, 21-4, 21-8.
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Arina Sazonova/Aisha Zhumabek, 21-3, 21-5.
Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro vs Nargiza Rakhmetullayeva/Kamila Smagulova, 21-6, 21-5.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022