Artikel jurnal bermanfaat bagi akreditasi institusi
Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menargetkan sebanyak 100 artikel jurnal terindeks scopus dari para dosen di tahun 2022.

Ketua Divisi Pengembangan Produktivitas SDM Bapepan-MIT Hartono Bancong PhD di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya telah melakukan upaya untuk mencapai target tersebut termasuk menggelar workshop dan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi dosen,16-17 Februari 2022.

Kegiatan yang digelar Badan Perencanaan, Pengawasan dan Manajemen Teknologi Informasi (Bapepan-MTI) Unismuh ini bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas artikel jurnal ilmiah para dosen Unismuh, baik di jurnal nasional terakreditasi dan Internasional Bereputasi.

Peraih gelar Doktor bidang pendidikan Fisika di Seoul National University Korea Selatan ini menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti 50 orang dosen yang merupakan dosen yang berasal dari berbagai fakultas dan prodi yang ada di Unismuh Makassar.

Wakil Rektor II Unismuh Dr Andi Sukri Syamsuri, mengatakan pimpinan universitas telah mendorong para dosen meningkatkan produktivitas menulis artikel ilmiah.

"Selain bermanfaat bagi individu dosen, artikel jurnal bermanfaat bagi akreditasi institusi. Apalagi kita juga telah menargetkan akreditasi Unggul pada tahun 2023 mendatang," jelasnya.

Materi yang disajikan dan narasumber pada hari pertama workshop, yaitu Tata Bahasa dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Dr Andi Sukri Syamsuri), Teknik Penelusuran Jurnal Nasional dan Internasional (Ahmad Harakan MHI), Strategi Penulisan Artikel Ilmiah (Hartono Bancong PhD dan Teknik Sitasi dan Penulisan Daftar Pustaka (Muh Arief Muhsin MPd).

Sementara pada hari kedua, materi Jurnal Ilmiah dan Akreditasi disampaikan Dr Abdul Rakhim Nanda, sedangkan materi Penulisan Cover Letter disampaikan Dr Rahmi.

Setelah menerima materi, peserta juga akan didampingi dalam menyelesaikan artikel jurnal ilmiah hingga mengirimkan ke jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Baca juga: Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar siap ikuti IISMA di luar negeri

Baca juga: Tiga artikel Unismuh juarai lomba tulisan di USM Malaysia

Baca juga: Unismuh Makassar siap terjunkan 200 relawan psikososial ke Sulbar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022