Surabaya (ANTARA News) - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur memetakan ada delapan titik rawan macet yang harus diwaspadai masyarakat saat mudik Lebaran 2011.

"Ada delapan titik rawan macet yang harus diwaspadai masyarakat agar perjalanan lancar, diantaranya di Surabaya, Malang, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Jombang, dan segitiga Jombang-Kediri-Nganjuk," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Sam Budigusdian di Mapolda Jatim, Senin.

Data Ditlantas Polda Jatim mencatat ke-delapan titik rawan macet itu ada di pintu masuk Jembatan Suramadu dan sepanjang Jalan Kedung Cowek Surabaya.

Selain itu, di Sidoarjo ada kemacetan di Jl Raya Porong, Bundaran Waru - jembatan layang Waru - Bandara Juanda - Aloha - Gedangan dan Jl Raya Pasar Krian.

Di Gresik, para pemudik perlu berhati-hati ketika melintas di Simpang Empat Duduk Sampean.

Untuk lokasi rawan macet di Lamongan tersebar di titik Km 55,20 Desa Sukodadi, Km 65,10 Desa Babat, Km 70 Desa Paciran, Jl Raya Turi Kebonsari Sukodadi dan Jl Raya Banaran Babat, khususnya di komplek Wisata Bahari Lamongan(WBL).

Di Jombang ada di Jl Raya Mojoagung Jombang, termasuk Jl Raya Mengkreng yang merupakan pertemuan segitiga Kediri-Jombang-Nganjuk, dan dua jalan di penggalan Jl Singosari dan Jl Lawang.

Di Pasuruan ada di Jl Simpang Tiga di Pasar Nguling, Simpang Tiga Pasar Ngopak Rejoso di alun-alun timur Bangil, Simpang Tiga Pasar GD Legi Beji, Simpang Tiga Kejapanan, Simpang Tiga Gempol, Simpang Empat Pasar Pandaan, Simpang Tiga Pasar Purwosari, dan Simpang Tiga Pasar Wonorejo

"Penyebab kemacetan di daerah itu, karena terjadi penyempitan jalur, namun ada juga pasar tumpah yang memang tak bisa dikendalikan," katanya.

Ia menjelaskan pasar tumpah yang patut diwaspadai juga ada delapan titik yakni Pasar Babat ruas Jalan Lamongan-Babat-Bojonegoro, dam perempatan Duduk Sampeyan ruas jalan Lamongan-Gresik.

Selain itu, Pasar Ngopak ruas Jalan Pasuruan-Probolinggo, Pasar Mojoagung ruas Jalan Mojokerto-Mojoagung, dan pertigaan Kertosono-Kediri ruas Jalan Kertosono-Nganjuk-Jombang.

Selanjutnya, Pasar Singosari ruas jalan Surabaya-Malang, Pasar Lawang ruas Jalan Surabaya-Malang, dan Pasar Blega ruas Jalan Bangkalan-Sampang.

"Untuk jalan yang teridentifikasi rawan rusak dan bergelombang ada di kawasan Pantura, empat titik di jalur rengah, dan empat titik di jalur Selatan," katanya.

Di kawasan Pantura, titik rawan rusak tersebar dari Tuban, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan termasuk Pasuruan Kota, Situbondo dan Probolinggo Kota.

Di jalur tengah tercatat Mojokerto, Surabaya, Ngawi dan Nganjuk, sedangkan jalur selatan ada di Trenggalek, Tulungangung, Blitar dan Pacitan.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011