Badung (ANTARA) - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali melayani penerbangan internasional reguler maskapai Singapore Airlines rute Singapura- Bali-Singapura.

Penerbangan perdana rute tersebut datang dari Singapura pada Rabu (16/2) dengan nomor penerbangan SQ938 dengan membawa penumpang sebanyak 159 orang dan kembali ke Singapura dengan nomor penerbangan SQ939 yang mengangkut 61 orang penumpang dari Bali.

"Hari ini kami kembali melayani penerbangan Internasional atau penerbangan perdana maskapai Singapore Airlines selama pandemi COVID -19, hal ini merupakan salah satu langkah positif dalam meningkatkan trafik penerbangan internasional sejak dibukanya koridor internasional di Bandara Bali," ujar General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y. Sikado di Kabupaten Badung.

Baca juga: Singapore Airlines akan buka kembali penerbangan ke Bali

Penerbangan Singapore Airlines itu juga merupakan penerbangan komersial rute internasional kedua setelah sebelumnya, pada Kamis (3/2) lalu Bandara Bali melayani penerbangan maskapai Garuda Indonesia yang tiba di bandara itu dari Narita, Jepang usai penerbangan bandara internasional di Bali ditutup akibat pandemi COVID-19.

Herry Sikado menyambut baik mendaratnya pesawat yang mengangkut 159 orang itu dari Singapura menuju Bali karena merupakan suatu kesempatan dan awal yang baik bagi Singapore Airlines untuk penerbangan internasional.

"Terkait pendaratan perdana maskapai Singapore Airlines saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kami berikan penyambutan istimewa menggunakan water salute sebagai bentuk rasa syukur telah kembali didarati penerbangan internasional," katanya.

Selanjutnya, jadwal penerbangan Singapore Airlines direncanakan akan datang dan berangkat reguler setiap harinya, sehingga dapat menambah slot penerbangan internasional di Bandara Bali.

Baca juga: Penumpang Singapore Airlines dari Indonesia boleh transit di Changi

Untuk itu, Herry Sikado menjelaskan pengelola Bandara Bali akan terus mempersiapkan dan memberikan layanan terbaik serta melakukan pembenahan agar proses kedatangan maupun keberangkatan lebih lancar.

PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali juga telah mempersiapkan tahapan-tahapan yang dilalui para penumpang sesuai dengan protokol kesehatan dan regulasi pemerintah bagi pelaku perjalanan internasional.

"Kami berharap dengan bertambahnya jumlah penerbangan menuju Pulau Bali dapat menjawab kebutuhan pengguna jasa dalam ketersediaan rute penerbangan langsung dan sektor aviasi kembali pulih bersamaan dengan sektor pariwisata yang terdampak oleh pandemi COVID-19," ungkap Herry Sikado.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022