Jakarta (ANTARA) - Aktris Laura Basuki meraih penghargaan Silver Bear untuk Pemeran Pendukung Terbaik di Festival Film Berlin 2022 atas perannya di film berbahasa Sunda "Before, Now & Then (Nana)" karya sutradara Kamila Andini. Film ini mengisahkan kisah hidup Raden Nana Sunani yang diadaptasi dari penggalan novel "Jais Darga Namaku" karya Ahda Imran. Laura Basuki berperan sebagai perempuan simpanan dari suami Nana (Happy Salma).

Dalam pesan video yang ditayangkan, Laura mengatakan dirinya merasa terhormat bisa mendapatkan penghargaan bergengsi ini.

"Tapi ini semua takkan terjadi tanpa kerja keras tim yang luar biasa," kata Laura dalam bahasa Inggris, dikutip dari video tersebut.

Baca juga: Laura Basuki ketularan hidup sehat dari suami

Laura berterimakasih atas apresiasi terhadapnya dan juga untuk film Indonesia.

"Ini untuk Indonesia," katanya.

Dikisahkan, Nana melarikan diri dari kota kelahiran saat gerombolan orang datang ingin mempersuntingnya. Ia kemudian menetap di Bandung dan menikah dengan laki-laki yang berasal dari keluarga menak. Nana bertemu dengan perempuan simpanan suaminya, tetapi keduanya juga saling memberi dukungan sebagai sesama perempuan yang hidup pada tahun 1960-an.

“Before, Now & Then” atau “Nana” merupakan film panjang keempat karya sutradara Kamila Andini.

Baca juga: Jadi nomine Piala Citra, Laura Basuki kenang rasanya jadi Susi Susanti

Baca juga: Laura Basuki berakting dengan genderuwo di "Kisah Tanah Jawa : Merapi"

Baca juga: Laura Basuki bersyukur hidup di masyarakat yang hargai perbedaan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022