Pemulihan ekonomi Indonesia kita jalankan dengan mendorong perkembangan UMKM
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara berharap badan layanan umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memperluas debitur penerima pembiayaan ultramikro (UMi) agar lebih dari 5,4 juta penerima.

"Saya senang melihat kinerja UMi dan saya ingin angka 5,4 juta penerima sepanjang 2017-2021 bisa ditingkatkan dengan PIP melakukan inovasi, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan membuka ruang baru, salah satunya dengan aspek digitalisasi," kata Suahasil dalam webinar "Digitalisasi UMKM Perempuan untuk Pemulihan Ekonomi" di Jakarta, Kamis.

Digitalisasi tidak hanya diperlukan untuk mempermudah berbagai macam kegiatan pendampingan, tapi juga mendorong partisipasi usaha ultramikro bagi perekonomian nasional misalnya melalui penggunaan platform digital untuk mempromosikan produk.

"Karena saat ini hadir pimpinan daerah, dimohon tidak ragu untuk mengontak PIP di Kemenkeu guna membangun sinergi agar bisa meningkatkan pembiayaan kepada pelaku usaha mikro dan kecil, terutama perempuan, semaksimal mungkin," imbuhnya.

Pemerintah terus mendorong perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai salah satu kunci penting pemulihan ekonomi nasional yang diyakini akan berlanjut di 2022.

"Pemulihan ekonomi Indonesia kita jalankan dengan mendorong perkembangan UMKM dan pada saat yang bersamaan juga memastikan tenaga kerja mendapatkan distribusi pendapatan yang lebih besar," katanya.

Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang fleksibel dan responsif akan terus digunakan untuk mendorong pengembangan UMKM.

Selain melalui PIP, pemerintah juga memiliki sejumlah insentif pajak untuk UMKM sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

"Pemerintah tidak hanya mendorong penyaluran pembiayaan UMi tapi juga ingin memberikan perangkat insentif perpajakan. Melalui UU HPP, UMKM dapat pembebasan pajak untuk omzet Rp500 juta," ucapnya.

Baca juga: Kemenkeu sebut 95 persen debitur PIP merupakan perempuan
Baca juga: PIP salurkan Rp7,03 triliun pembiayaan ultramikro di 2021
Baca juga: PIP dorong pemulihan ekonomi melalui promosi usaha ultramikro


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022