Jakarta (ANTARA) - PT Link Net Tbk kembali meraih sertifikasi dari "Great Place to Work" dengan skor atas kepuasan karyawan bekerja di Link Net mencapai 94 persen, naik empat persen dari tahun sebelumnya.

Sementara, sebanyak 90 persen atau naik 5 persen karyawan menyatakan bangga bekerja di PT Link Net Tbk. Kenaikan juga terjadi pada tingkat partisipasi para karyawan dalam survei yang meningkat sebesar 5,5 persen.

"Pencapaian ini sangat membanggakan bagi kami sekaligus membuktikan bahwa budaya kerja Link Net mampu memberikan pengalaman bekerja yang terbaik kepada seluruh First Squad (karyawan). Saya mengapresiasi seluruh First Squad yang secara konsisten terus menerapkan budaya I AM First Squad yang berfokus pada delapan nilai, yaitu customer first, integrity, teamwork, excellence, innovation, ownership, urgency, dan passion," kata Marlo Budiman, Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk dalam siaran pers pada Kamis.

Marlo menambahkan bahwa peningkatan tersebut menjadi poin yang membuat perolehan sertifikasi Great Place to Work kali ini terasa lebih spesial karena upaya dalam mendorong penerapan budaya kerja berhasil.

"Selain itu, kami juga memotivasi First Squad untuk terus mengembangkan diri guna meningkatkan kapabilitasnya melalui berbagai fasilitas dan program yang tersedia, karena hal ini tentunya akan membawa dampak positif bagi produktivitas dan efektivitas kerja First Squad yang tentunya akan berkontribusi terhadap kinerja perusahaan," kata Yosafat Hutagalung, Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk.

Baca juga: Terapkan digitalisasi selama pandemi, Link Net raih HR Awards 2021

Pengalaman kerja terbaik bagi karyawan merupakan komitmen Link Net yang dihadirkan melalui berbagai upaya untuk memperkuat ekosistem kerja, mulai dari program PeX (Purposeful Experience); Performance Management System – First Squad Impact; First Squad Connect; aplikasi online assessment hingga sistem kerja remote yang dapat mendukung produktivitas First Squad saat bekerja jarak jauh.

Program pengembangan budaya kerja perusahaan juga memberi perhatian besar terhadap apresiasi untuk First Squad melalui penghargaan atas pencapaian dan kontribusinya. Beberapa contoh signature program penghargaan yaitu Inspiring Leader, Wanita Tangguh, Magic Five, dan First Squad Star.

First Squad Star merupakan program yang memberikan rekognisi kepada karyawan yang sukses menerapkan budaya I AM First Squad sekaligus menginspirasi First Squad lainnya. Seperti halnya yang dikemukakan dalam penelitian O.C. Tanner, personal recognition dapat mendorong karyawan untuk bekerja dengan hasil yang lebih baik. Penelitian tersebut juga menunjukan afirmasi, tanggapan, dan penghargaan menjadi hal yang paling efektif dalam memotivasi karyawan untuk melakukan hal terbaik dalam pekerjaannya.

Program lainnya adalah Ngopi Bareng atau wadah berbagi informasi dan pengalaman yang memberikan insight inspiratif bagi First Squad serta masyarakat. Program ini disiarkan secara live streaming atau tayangan ulangnya dapat disaksikan di akun YouTube resmi PT Link Net Tbk.

Tidak hanya itu, Link Net juga telah menghadirkan program 21st Challenge yang merupakan rangkaian tantangan dengan misi mengumpulkan ‘Empowering Fund’ atau donasi, salah satunya dengan mengajak First Squad untuk aktif berolahraga melalui tantangan Energy to Energize. Setiap kalori yang telah First Squad hasilkan dikonversi menjadi rupiah untuk didonasikan kepada organisasi-organisasi sosial seperti MallSampah, doctorSHARE, dan Thisable Foundation melalui pemberdayaan.

Great Place to Work (GPTW) merupakan badan penetapan standar berskala global yang memberikan sertifikasi profesional kepada organisasi dengan budaya kerja terbaik melalui Employee Survey Great Place to Work menggunakan metode Trust Index untuk mengukur tingkat kepuasaan dan kepercayaan karyawan berdasarkan indikator kemampuan manajemen, hubungan kerja antar karyawan, serta performa kerja karyawan.

Baca juga: Axiata Group Berhad dan XL Axiata umumkan akuisisi Link Net

Baca juga: Link Net gelar penghargaan pelanggan

Baca juga: Link Net raih penghargaan di Indonesia Customer Service Champions 2021

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022