Jakarta (ANTARA) - Blibli menjadi perusahaan tempat magang favorit dengan menerima penghargaan “Best Mentoring Partner Program Magang Kampus Merdeka Batch 1” oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi dalam ajang Anugerah Diktiristek 2021.

Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan Blibli dalam mengembangkan potensi pengembangan diri yang berkelanjutan dan saling menguntungkan bagi para mentor dan mahasiswa magang.

Baca juga: Kemendikbudristek- Kemendag ajak mahasiswa turut benahi pasar rakyat

Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. mengapresiasi komitmen Blibli sebagai salah satu mitra Program
Magang Kampus Merdeka.

"Kami harap, ini dapat menjadi inspirasi bagi mitra-mitra lainnya untuk bersama-sama menghadirkan lingkungan kerja terbaik bagi generasi muda dan memberikan mereka bekal berharga untuk meniti karier, termasuk dalam berprofesi di bidang teknologi," katanya dalam siaran pers pada Kamis.

Dia menambahkan bahwa tahun lalu terdapat 300 ribu mahasiswa yang datang dari 2.100 perguruan tinggi dari seluruh wilayah Indonesia yang mendaftar dalam program tersebut, tahun 2022 tersedia kuota untuk 50 ribu mahasiswa dengan pembukaan pendaftaran terdiri dari dua gelombang yakni Januari-Juni dan Juli-Desember 2022.

Baca juga: Microsoft siapkan ribuan mahasiswa jadi talenta digital lewat PSIB

Program Magang Kampus Merdeka sebagai kebijakan dan program unggulan dari Kemendikbudristek bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja di industri dan mengembangkan hardskill serta softskill. Dengan demikian, mahasiswa bisa lebih siap dalam memasuki dunia kerja dan merintis karirnya.

Program Magang Kampus Merdeka bekerja sama dengan mitra-mitra perusahaan terkemuka yang berfokus pada transformasi digital, agar para mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengikuti program ini, termasuk dalam menambah bekalnya menjadi talenta digital yang berdaya saing utamanya dalam mengisi kebutuhan 600.000 talenta digital Indonesia per tahunnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi Blibli untuk terus memperkuat kemampuan dalam membentuk lebih banyak talenta digital berkualitas di Indonesia secara berkelanjutan yang mampu mendorong kemajuan bangsa, khususnya memaksimalkan potensi negeri sebagai pusat ekonomi digital di Asia Tenggara,” ujar Sandra Kumalasari, Executive Vice President of People Operation & General Services Blibli.

Baca juga: BRIN fasilitasi mahasiswa lakukan riset dalam program MBKM

Program Magang Kampus Merdeka di Blibli

Potensi industri ekonomi digital Indonesia diprediksi akan mencapai USD 146 miliar (sekitar Rp2.098 triliun) pada 2025. Nilainya pun diperkirakan dapat terus tumbuh menjadi Rp4.531 triliun di 2030. Seiring dengan potensi yang besar tersebut, Indonesia juga memiliki kebutuhan yang tinggi akan talenta digital berdaya saing agar kemajuan ekonomi digital di Tanah Air dapat maksimal dan manfaatnya bisa dirasakan oleh lebih banyak masyarakat secara merata.12

Memahami hal tersebut, Blibli berkomitmen untuk aktif berkontribusi membentuk masa depan para talenta digital Indonesia. Beberapa di antaranya adalah pengembangan AI untuk customer service, solusi omnichannel yang terintegrasi, hingga solusi fulfillment yang seamless

Pada partisipasinya di Program Magang Kampus Merdeka Batch 1, seluruh 24 mahasiswa yang lolos seleksi telah menyelesaikan program dengan baik. Selama program berlangsung, mereka dibimbing oleh 19 mentor berpengalaman dan ahli di bidangnya. Kini, Blibli tengah menjalankan Program Magang Kampus Merdeka Batch 2, memberdayakan 37 mahasiswa yang menempati 13 posisi pekerjaan di Blibli selama 6 bulan (Februari–Juli 2022).

Blibli memastikan bahwa keberhasilan Blibli menyelenggarakan Program Magang Kampus Merdeka Batch 1 akan dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga seluruh mahasiswa peserta magang dapat menjadi praktisi terbaik di industri.

Dilandasi budaya kerja R.E.S.P.E.C.T (Risk Taking, Excellence, Serving, Passionate & Proud, Encourage Growth & Innovations, Customers Focus, dan Team Work Oriented), para mahasiwa magang akan terlibat dalam empat kategori program dalam Kampus Merdeka batch 2, yaitu Future (Software Development Engineer, Software Development Engineer in Test, UI/UX, Product Management, Project Management, Infra, dan Data), TED-X (Talent Enhancement & Development Xperience), Bimasakti (Content, Event Activation, Creative, Community, Social Media), dan Ops Super Troopers (Operations), di mana Future dan Bimasakti menjadi program yang paling banyak diminati.

FUTURE adalah salah satu pionir program magang di Blibli untuk menjaring talenta di bidang teknologi, dalam hal ini termasuk produk & manajemen proyek sejak mereka masih dalam bangku kuliah. Hal ini diharapkan dapat mengembangkan talenta muda dan menjadi jawaban atas kesenjangan kebutuhan akan talenta digital di Industri.

TED-X adalah salah satu program magang di bidang HR untuk mengembangkan kemampuan pemagang di bidang pelatihan dan talent development.

Bimasakti adalah program untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan desain kreatif dalam lingkup organisasi dan menaikkan employer brand secara internal dan eksternal Ops Super Troopers adalah program untuk pemagang yang tertarik untuk mendalami proses operation internal Blibli.

“Kami sangat senang bahwa minat anak-anak muda untuk magang di Blibli begitu besar, bahkan jumlah pendaftar naik 3x lipat dari batch sebelumnya,” kata Sandra.


Baca juga: Orbit Future Academy luncurkan program pembelajaran Orbit Jago AI

Baca juga: Presiden targetkan 150 ribu peserta magang kampus merdeka pada 2022

Baca juga: Hasil penelitian sebut MBKM beri dampak psikologis pada mahasiswa

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022