Minahasa Utara (ANTARA News) - Gedung Sekretariat Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berada di desa Maumbi Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, nyaris ludes terbakar pada Selasa (9/8) sekitar pukul 12.30 Wita.

Kepala Badan Diklat Sulut, Rosye Kalangi, di Minahasa Utara Selasa mengatakan, kebakaran yang terjadi bukan karena arus pendek.

"Kebakaran terjadi karena kemungkinan ada orang yang sedang membakar dekat dengan lokasi bangunan, sehingga apinya terbang kebangunan ini," ujar Kalangie yang saat itu berada di tempat Kejadian perkara (TKP).

Kalangie mengaku kaget melihat bangunan yang sudah terbakar, sehingga pegawai langsung mengamankan semua berkas sehingga hanya mengalami kerugian fisik saja.

"Beruntung tidak ada kerugian secara material, karena semua aset maupun berkas yang ada di dalamnya berhasil diamankan para pegawai dan hanya sebagian genteng saja yang terbakar," katanya.

Dikatakan Kalangie, inilah fungsi bila ruangan memiliki tabung pemadam sehingga para pegawai terlebih dahulu melakukan pemadaman lewat tabung tersebut.

Kalangie pun berterima kasih kepada pihak pemadam Kabupaten Minahasa Utara yang secara cepat datang di lokasi kejadian dan berhasil memadamkan api sehingga tak sempat membuat gedung sekretariat habis terbakar.

Diketahui, kejadian tersebut terjadi saat peserta diklat dari berbagai daerah di Sulut sedang beristirahat makan, karena bertepatan Badan Diklat sedang melakukan pelatihan.

"Saat akan melakukan doa makan, tiba-tiba terlihat gedung mengeluarkan asap, sontak saja kami langsung bubar dan melakukan pengaman aset-aset yang ada dalam ruangan," kata Erick Matuil salah satu peserta Diklat.

Matuil katakan, kemungkinan api berasal dari pohon kelapa, karena saat itu ada orang yang membakar daun kelapa, sehingga apinya menyebar hingga ke gedung tersebut.

"Waktu itu memang terlihat ada orang yang sedang membakar daun kelapa, tapi tidak tahu kenapa sampai gedung yang terbakar. Ada kemungkinan api itu ditiup angin sampai ke genteng gedung," jelas Erick sambil menunjukkan asal muasal api.

Sementara di lokasi kejadian, terlihat mobil pemadam Pemerintah Manado datang melakukan pertolongan, namun lokasi telah berhasil diamankan unit pemadan Minahasa Utara.

(ANT-239/S019)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011