Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina International Shipping (PIS) fokus kepada aspek pembangunan dan pengelolaan kapal untuk menjadi perusahaan logistik laut terpadu yang lebih hijau.
 
Direktur Utama PIS Erry Widiastono mengatakan pihaknya akan menghadirkan teknologi kapal ramah lingkungan yang sejalan dengan ekspansi bisnis berlandaskan aspek Environmental Social Governance atau ESG.
 
"Program teknologi kapal ramah lingkungan bertujuan untuk mengurangi gas buang kapal," kata Erry dalam keterangan di Jakarta, Jumat.
 
PIS memiliki kapal logistik yang menggunakan bahan bakar rendah belerang dan dilengkapi peralatan yang bisa membantu menurunkan serta menghalangi gas buang kapal tersebut.
 
Erry menyampaikan bahwa teknologi itu telah ditetapkan pada dua kapal pengangkut yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime. Menurutnya, kapal-kapal baru milik perusahaannya nanti akan menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Baca juga: Pertamina dukung proses transformasi Pertamina International Shipping
 
Komitmen menurunkan emisi gas buang dijalankan dengan menghitung Indeks Eksisting Efisiensi Energi (EEXI) yang saat ini sudah dilakukan kajian terhadap 57 persen kapal atau sebanyak 54 kapal dari 95 kapal milik perseroan.
 
PIS juga akan mengucurkan investasi hingga 1,6 miliar dolar AS untuk mendatangkan kapal-kapal baru yang akan digunakan untuk masuk ke bisnis yang lebih hijau dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Hal ini sebagai antisipasi pada bisnis perkapalan yang lebih ramah lingkungan.
 
Dengan anggaran tersebut, perseroan setidaknya bakal menambah 69 unit kapal dengan cara akuisisi maupun merakit dari nol. Dengan tambahan itu, maka jumlah armada kapal perseroan akan menjadi 164 unit dari total yang ada saat ini 95 unit.

Baca juga: Pertamina International Shipping jajaki pasar potensial di luar negeri

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022