Sosok Aminah dikenal aktif dan banyak berkontribusi bagi warga di wilayah Petemon. Selain menjadi modin, Aminah juga mengajar anak-anak sekitar mengaji hingga membantu kegiatan-kegiatan kampung lainnya
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya memberikan perhatian dengan mengunjungi seorang "modin" (petugas masjid) pengidap kanker laring di wilayah Petemon, Surabaya, Jawa Timur, Aminah, yang saat ini kondisinya semakin parah dan mulai kesulitan bicara.

Dalam istilah kesehatan kanker laring adalah kondisi munculnya tumor ganas pada daerah yang menjadi bagian dari saluran pernapasan, yaitu tempat di mana berada pita suara yang posisinya terletak setelah tenggorokan dan berada sebelum trakea

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Jumat, mengatakan, pihaknya sempat menjenguk kediaman Aminah selepas kegiatan jaring aspirasi masyarakat (jasmas) dalam kegiatan reses di wilayah Petemon.

"Kami silaturahim serta mendoakan langsung kesehatan untuk Ibu Aminah," kata Reni.

Pada awalnya, Reni sempat menanyakan kabar modin setempat yang biasanya hadir saat ada kegiatan reses. Para pengurus kampung kemudian memberitahukan kondisi Aminah yang tengah sakit.

Mendengar kabar Aminah jatuh sakit, pimpinan DPRD Surabaya ini pun menyambangi kediaman Aminah yang berlokasi tidak jauh dari tempat reses di Balai RW XVIII.

Menurut Reni, sosok Aminah dikenal aktif dan banyak berkontribusi bagi warga di wilayah Petemon. Selain menjadi modin, Aminah juga mengajar anak-anak sekitar mengaji hingga membantu kegiatan-kegiatan kampung lainnya.

Aminah diketahui mulai merasa sakit sejak Juli 2021 dan seiring waktu semakin parah lantaran mengidap kanker laring. Hal ini membuat Aminah kesulitan bicara karena mengalami perubahan pada suara.

Selama hampir satu tahun lamanya pihak keluarga mengatakan Aminah telah menjalani dua kali operasi di RSUD dr. Soetomo dan juga kemoterapi. Pengobatan tidak dikenakan biaya lantaran sudah ditanggung pemerintah.

Terakhir, sebelum berpamitan Reni Astuti tidak lupa menyalurkan bantuan kepada Aminah. 

Baca juga: Reni Astuti lanjutkan pemberdayaan UMKM eks lokalisasi Dolly

Baca juga: Pimpinan DPRD: Perhatikan nasib anak yatim Surabaya terdampak pandemi

Baca juga: Reni Astuti: Pers berperan penting tangani pandemi di "Kota Pahlawan"


Baca juga: DPRD: APBD Surabaya harus gerakkan sektor riil agar UMKM naik kelas

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022