Kami di BUMN memiliki Pertashop, Pasar Digital atau PaDi UMKM, Santri Developer BTN, dan Santri Magang di BUMN untuk mengantarkan pesantren sebagai mercusuar peradaban
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan program-program BUMN seperti Pertashop dan Santri Magang di BUMN untuk mengantarkan pesantren sebagai mercusuar peradaban.

"Kami di BUMN memiliki Pertashop, Pasar Digital atau PaDi UMKM, Santri Developer BTN, dan Santri Magang di BUMN untuk mengantarkan pesantren sebagai mercusuar peradaban," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Twitter-nya @erickthohir di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, sebagai negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia, Indonesia harus berdaya secara ekonomi.

"Indonesia dengan populasi Islam terbesar di dunia, harus berdaya secara ekonomi," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian BUMN serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM).

Baca juga: Erick Thohir: Pondok pesantren berpotensi beri peran ekonomi strategis

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku diberi arahan oleh Presiden Joko Widodo agar bisa mengintervensi kesenjangan ekonomi yang terjadi saat ini. Karena itu ia berharap adanya kerja sama kali ini mampu menjadi salah satu upaya untuk menjawab arahan presiden, sekaligus memperkuat kebangkitan umat.

Pihaknya juga mendorong pesantren untuk menjadi mercusuar kebangkitan ekonomi yang diimplementasikan dengan kerja sama antara NU dan BUMN.

Erick Thohir mengungkapkan pondok pesantren berpotensi memberikan peran ekonomi strategis bagi kemaslahatan umat. Menurut dia, untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 dibutuhkan banyak tenaga ahli baru yang memiliki kompetensi yang relevan dengan perkembangan zaman.

Peran pesantren, kata dia, sangat penting sekali untuk menciptakan santri-santri intelektual yang adaptif. Pondok pesantren dan ekonomi syariah juga mempunyai potensi yang sangat besar untuk mendongkrak kemajuan ekonomi nasional.

Baca juga: Menteri BUMN kolaborasi dengan pesantren untuk bangun ekonomi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022