tidak ingin ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang bersama pemangku kepentingan terkait terus bersinergi melakukan upaya terpadu dalam mengoptimalkan peningkatan kualitas air Sungai Batang Arau.

"Sebagai salah satu sungai terbesar yang muaranya juga merupakan kawasan wisata kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kebersihan sungai," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Jumat.

Menurut dia, salah satu fokus yang sedang ditangani adalah indeks kualitas air Sungai Batang Arau di bagian hilir yang masih berada di level IV dan diupayakan turun menjadi level II.

Oleh sebab itu ia mengimbau masyarakat sepanjang aliran sungai dari hulu hingga hilir dapat mendukung upaya revitalisasi Sungai Batang Arau.

"Lurah dan pemangku kepentingan terkait dapat menyosialisasikan dan mengontrol warganya agar peduli lingkungan serta menjaga sungai dari sampah. Kita tidak ingin ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai, karena akan ada sanksi tegas sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang No.21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah," kata dia.

Baca juga: Jerman bantu 10 ribu euro untuk penanganan Sungai Batang Arau Padang
Baca juga: UNP gelar aksi bersih sungai di Batang Arau Padang

Dalam rangka meningkatkan kualitas sungai Batang Arau, Pemkot Padang dibantu oleh ahli hidrologi dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM) Mr. Michell Rohmann yang membantu penanganan limbah Sungai Batang Arau melalui program Waste Management of Batang Arau River selama dua tahun mulai 2021 hingga 2023.

Program tersebut tindak lanjut dari bingkai kerja sama kota kembar yang telah terjalin antara Padang-Hildesheim (Jerman).

Selain itu Pemerintah Kota Padang juga menerima bantuan sebesar 10 ribu Euro atau senilai Rp170 juta dari Jerman untuk penanganan Sungai Batang Arau.

Bantuan tersebut merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lower Saxony, Jerman yang diberikan kepada Pemerintah Kota Hildesheim untuk diserahkan kepada Pemkot Padang.

Baca juga: Bersihkan sungai, Kota Padang miliki kapal khusus pengumpul sampah

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022