Padang (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Flexi konten FlexiCerdas, menjangkau siswa dan orang tua yang berisikan layanan seputar dunia pendidikan.

Konten FlexiCerdas didedikasikan bagi siswa dan para orangtua untuk memperoleh informasi seputar kegiatan akademis murid sekolah mulai dari tingkat SD-SMP hingga SMU," kata General Manager Divisi Telkom Flexi Networt Regional Sumatera PT.Telkom, Mohamad Zulkifri, di Padang, Kamis (11/8).

Menurutnya, dalam satu genggaman, orangtua secara online dapat mengawasi aktivitas anaknya di sekolah mulai dari absensi, nilai pelajaran, pembayaran SPP, kegiatan ekstrakurikuler, bimbingan belajar, hingga tingkat kepatuhan siswa," katanya.

Dia menambahkan, terdapat tiga konten Flexi Cerdas, yaitu My School, aplikasi panduan belajar mengajar di sekolah atau komunitas.

Gaul Abizz, konten ini berisi talent exhibit dan ekstrakurikuler, edutainment, serta student lifestyle atau informasi seputar kegiatan yang mengarah penyaluran bakat dan hobi para siswa.

"Selanjutnya, Bimbel, yang memungkinkan pelajar dapat mengakses dan melakukan latihan ujian soal yang disediakan oleh tim pembuat soal ujian nasional pimpinan Prof Yohanes Surya," kata Mohamad Zulkifri.

Dia mengatakan, program Flexi Cerdas ini dapat diakses khusus dari tiga varian ponsel CDMA bundling, yaitu ZTE S189, ZTE Q200 dan IVIO C500+.

"Untuk tahap awal sebanyak 1.300 ponsel yakni ZTE S189, ZTE Q200 dan IVIO C500 disiapkan di pasar, dan disesuaikan dengan respon masyarakat," katanya.

Menurutnya, Flexi Cerdas merupakan aplikasi yang sudah lama ditunggu sebagai solusi teknologi informasi komunikasi (TIK) sekolah untuk mendekatkan komunikasi antarsiswa, sekolah, dan orangtua murid.

"Flexi Cerdas yang diluncurkan oleh PT Telkom bekerjasama dengan Dinas Pendidikan yang ada di seluruh Indonesia," katanya.

Dia menambahkan, FlexiCerdas ini diharapkan dapat mempercepat proses peningkatan kemampuan sistem TIK di sekolah-sekolah untuk dapat menikmati menu yang ada di dalam ponsel Flexi.

"Hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia telah melaksanakan Flexi Cerdas yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011