kami jual untuk pendapatan tambahan
Banda Aceh (ANTARA) - Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sabang mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah yang hijau.

Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sabang Enni Fairawati mengatakan ide mengolah sampah tersebut berawal dari pola pikir untuk menciptakan sekolah hijau dan memanfaatkan sampah organik di sekolah untuk membuat pupuk kompos.

“Kami menerapkan penghijauan di sekolah, jadi banyak pepohonan dan banyak juga dedaunan yang gugur. Makanya kami berinisiatif untuk membuat pupuk,” kata Enni di Kota Sabang, Sabtu.

Ia menjelaskan pembuatan pupuk kompos itu sudah berlangsung sejak 2009. Program ini sempat terhenti, baru kembali dilanjutkan secara rutin hingga kini mulai tahun 2013.

Baca juga: Diolah dari serasah, Riau produksi 2 ton kompos dari sampah organik
Baca juga: Mengompos, teknik kelola sampah agar lebih bernilai

Sedangkan untuk pemasaran pupuk kompos olahan para siswa tersebut dilakukan sejak 2020. Pupuk tersebut dijual dengan harga Rp10 ribu per 3 kilogram.

“Hasil dari pupuk kompos ini selain kami manfaatkan untuk keperluan tanaman di sekolah sendiri, juga kami jual untuk pendapatan tambahan dan juga modal pembuatan pupuk lagi," kata Enni.

Menurut dia, proses pembuatan pupuk kompos membutuhkan waktu satu bulan untuk fermentasi. Kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi siswa agar peduli lingkungan, menambah pengetahuan serta keterampilan yang mampu memberi pendapatan bagi siswa.

Baca juga: Pemkot Madiun gandeng Pupuk Kaltim produksi kompos dengan biodex
Baca juga: Kecamatan Pal Merah sulap tiga ton sampah jadi pupuk kompos

Sementara itu, Fasilitator Komposting Afwan Pasaribu menjelaskan proses pengolahan pupuk kompos terbilang cukup mudah dengan memanfaatkan teknologi sederhana, namun mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan memanfaatkan sampah dedaunan di sekolah.

“Dalam prosesnya, untuk menghasilkan pupuk kompos yang bagus memakan waktu lima minggu atau satu bulan untuk pembusukan," katanya.

Baca juga: Karawaci jadikan sampah sayuran jadi media tanam

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022