Mandalika dapat menjadi destinasi sport tourism unggulan baru di Indonesia sehingga akan semakin banyak penyelenggara event olahraga memilih daerah tersebut sebagai venue kegiatan.
Jakarta (ANTARA) - Direktur event Nasional dan International Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dessy Ruhati mengatakan pihaknya terus berupaya mengembangkan gelaran sport tourism atau wisata olahraga) berskala internasional di Kuta Mandalika, Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal ini ditujukan untuk mendorong perekonomian terutama pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Menjadi target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang tentunya akan berdampak positif dan membangkitkan sektor pariwisata ekonomi kreatif di Indonesia,” katanya di Mandalika Lombok sebagaimana dalam keterangan resmi diterima di  Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, dia meyakini Mandalika dapat menjadi destinasi sport tourism unggulan baru di Indonesia sehingga akan semakin banyak penyelenggara event olahraga memilih daerah tersebut sebagai venue kegiatan.

Di tahun ini, terdapat dua event internasional olahraga yang telah masuk Calender of Event (tanggal acara) provinsi NTB, yaitu balap motor MotoGP 2022 dan balap sepeda internasional L’Etape yang merupakan bagian dari Tour de France.

MotoGP yang digelar di Mandalika pada 18-20 Maret 2022 diperkirakan dapat menarik penonton hingga mencapai 160 ribu orang.

Sementara, L’Etape Indonesia by Tour De France akan diselenggarakan pada 20 Februari 2022 dengan menjadikan Mandalika sebagai salah satu jalur lintasannya yang melibatkan sekitar 1.300 peserta dari berbagai negara.

Menurut Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang dikembangkan provinsi tersebut.

“Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelenggara event berskala internasional,” ucap dia.

Adapun Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri mengatakan sport tourism akan berdampak langsung terhadap pergerakan ekonomi masyarakat Lombok Tengah, khususnya Mandalika.

Misalnya, kata dia, ajang balap sepeda L'Etape Indonesia by Tour de France yang diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dinilai akan menjadi penggerak ekonomi warga di saat pandemi COVID-19 dengan perkiraan peredaran uang sebesar Rp5 miliar. “Dengan itu, dapat menambah serta meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” ungkap Lalu Pathul.

Begitu pula ajang MotoGP di Mandalika pada Maret 2022 yang disebut akan memberikan multi efek cukup besar kepada masyarakat.

"Semua ajang kegiatan yang digelar itu akan memberikan daya dukung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Semoga tidak ada kendala agar kegiatan ini (sehingga) berjalan dengan aman dan lancar," tutur dia.
Baca juga: Kemenparekraf-Dorna Sports jalin kerja sama terkait ajang MotoGP 2022
Baca juga: Balap sepeda L'Etape Indonesia Mandalika jadi penggerak ekonomi
Baca juga: Pengelola sarana hunian pariwisata Mandalika diminta sertifikasi CHSE


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022