Purwokerto (ANTARA) - Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah bakal menggelar Muktamar Ke-41 di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada pertengahan bulan November 2022.

Saat menggelar konferensi pers usai beraudiensi dengan Bupati Banyumas Achmad Husein di Ruang Joko Kahiman, Kompleks Pendopo Sipanji, Purwokerto, Banyumas, Minggu siang, Wakil Sekretaris Jenderal PP Al Irsyad Al Islamiyyah Muhammad Sugarbo mengatakan penetapan Purwokerto sebagai tuan rumah Muktamar Ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah dilakukan saat Muktamar Ke-40 di Bogor pada tahun 2017.

"Pemilihan itu tentu tidak asal-asalan. Ada alasan rasional yang mendasari pemilihan tempat muktamar tersebut. Pertama karena warga Al Irsyad memandang Purwokerto memang layak," katanya.

Ia mengatakan selama 10 tahun terakhir, Purwokerto telah berkembang menjadi salah satu pusat pendidikan yang penting di Jawa Tengah, bahkan secara nasional.

Baca juga: Al Irsyad diharapkan bantu pemberdayaan umat Jaktim
Baca juga: Presiden: jangan hanya pintar matematika
Baca juga: Al Irsyad: Liga Arab harus rundingkan Qatar


Sementara alasan kedua, kata dia, Purwokerto dan sebagian besar kawasan Banyumas juga telah berkembang menjadi sentra bisnis yang penting.

Selain itu, lanjut dia, Al Irsyad Al Islamiyyah Cabang Purwokerto juga telah berkembang menjadi cabang Al Irsyad terbaik, baik dari sisi penyelenggaraan lembaga pendidikan, dakwah, maupun kepedulian sosialnya.

"Dengan digelarnya muktamar di Purwokerto diharapkan dapat memberi inspirasi dan semangat bagi peserta muktamar untuk membangun cabangnya," katanya.

Lebih lanjut, Sugarbo mengatakan pada usianya yang ke-107, Al Irsyad mengusung tema muktamar "Membangun Al Irsyad yang Maju, Bersahabat, dan Bermartabat, Untuk Indonesia Emas 2045".

Menurut dia, tema tersebut mengandung dua makna penting, pertama "Membangun Al Irsyad yang Maju, Bersahabat, dan Bermartabat" bermakna bahwa dalam arus perubahan dunia yang sangat cepat saat ini akibat kemajuan teknologi informasi, Al Irsyad meneguhkan untuk terus berkarya demi kemajuan yang sesuai dengan zamannya dengan tetap menjunjung tinggi cita-cita para founding fathers (pendiri bangsa) dan tetap menjaga martabat kemanusiaannya.

Makna kedua, kata dia, Al Irsyad siap berpartisipasi aktif mewujudkan Indonesia Emas 2045. Hal itu menunjukkan bahwa Al Irsyad telah meneguhkan pilihan politik kenegaraannya sebagai bagian dari NKRI, dan siap berpartisipasi secara aktif menuju Indonesia yang unggul di semua aspek pada tahun 2045.

"Membangun manusia Al Irsyad yang unggul, Pendidikan Al Irsyad yang unggul, kepedulian sosial yang tulus, dan kepedulian kepada alam semesta, secara otomatis juga merupakan sumbangsih bagi tercapainya Indonesia Emas 2045. Inilah yang akan dicanangkan menjadi roadmap Al Irsyad jangka panjang dalam Muktamar Ke-41 Purwokerto," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Al Irsyad Al Islamiyyah Faisol Nasar bin Madi mengatakan agenda Muktamar Ke-41 di antaranya pemilihan Ketua Umum PP Al Irsyad Al Islamiyyah periode 2022-2027 dan pembahasan program kerja untuk lima tahun ke depan.

Selain itu, kata dia, ada pula musyawarah besar untuk badan otonom, yakni Wanita Al Irsyad, Pemuda Al Irsyad, dan Mahasiswa Al Irsyad.

"Muktamar yang akan digelar pada 15-18 November 2022 bakal dihadiri sekitar 500 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh cabang yang ada di Indonesia," katanya.

Disinggung mengenai rangkaian kegiatan pra-muktamar, Ketua Panitia Muktamar Ke-41 Halim Bakhabazy mengatakan hal itu akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain diskusi publik dan lomba-lomba untuk mendukung tema yang diusung.

"Jadi, dari muktamar ini harapannya ide-ide yang kemudian diputuskan di Purwokerto bisa menjadi landasan bagi organisasi ini sampai 25 tahun, sampai 50 tahun mendatang. Jadi, kami akan bikin rumusan grand design Al Irsyad 25 tahun mendatang," katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyambut baik rencana PP Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Muktamar Ke-41 di Purwokerto pada bulan November 2022.

Dia meyakini pandemi COVID-19 sudah berakhir pada bulan November, sehingga pelaksanaan muktamar dapat lebih meriah.

"Insya Allah kalau November, itu (pandemi) sudah selesai, dan itu tergantung kita, sugesti kita, sehingga acara ini bisa lebih meriah. Silakan saja, kami support karena Al Irsyad juga merupakan aset yang ada di Banyumas," katanya. 
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022