Ekonomi syariah inheren dengan kehidupan masyarakat muslim. Namun harus diakui di Indonesia, soal halal saja masih dianggap bukan hal biasa
Serang (ANTARA) - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Banten mendorong terbitnya peraturan gubernur (Pergub) atau instruksi gubernur (Ingub) mengenai pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Banten.

Peraturan tersebut sangat diperlukan agar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Banten bisa lebih masif dan menjadi perhatian dari berbagai kalangan secara lebih luas.

"Kita mengharapkan di Banten ada Pergub atau paling tidak Ingub mengenai pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Banten yang memiliki moto iman dan takwa harus jadi pelopor. Jawa Barat saja sudah terlebih dahulu punya Pergub mengenai pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," kata Ketua MES Banten H Agus Nizar Vidiansyah di Serang, Minggu.

Agus Nizar menuturkan, penguatan melalui Pergub dan Ingub sangat diperlukan agar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah menjadi perhatian berbagai kalangan, termasuk para pengambil kebijakan.

Ia mengatakan, ekonomi syariah di negara dengan penduduk mayoritas muslim semestinya bukan hal yang luar biasa karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan seorang muslim.


"Ekonomi syariah inheren dengan kehidupan masyarakat muslim. Namun harus diakui di Indonesia, soal halal saja masih dianggap bukan hal biasa," kata Agus dalam Rapat Kerja MES Banten 2022.

Agus Nizar menjelaskan dengan mayoritas penduduk muslim, Indonesia menjadi daerah dengan pangsa pasar terbesar.

Wakil Ketua MES Banten M Arief Kirdiat mengatakan Indonesia tergolong negara yang terlambat dalam pengembangan ekonomi syariah.

"Di Indonesia terlalu lama perdebatan diskusinya sementara negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia sudah action dengan produk halalnya," katanya.

Sementara Sekretaris Umum MES Banten Efi Syarifudin mengatakan, dorongan agar Banten mengeluarkan Pergub atau Ingub tentang pengembangan ekonomi dan keuangan syariah mengemuka dari seluruh pengurus.

"Tentu ini akan kami jadi perhatian serius. Kami akan lakukan silaturahim ke sejumlah pemegang kebijakan. Mudah-mudahan harapan ini segera terwujud," kata Efi dalam raker tersebut

Ia menyampaikan Raker MES Banten tahun ini berhasil menyusun sejumlah program dari sembilan departemen.

Ia mencontohkan program pendampingan pembuatan sertifikasi halal terhadap pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Baca juga: MES Jawa Barat apresiasi Ridwan Kamil terkait Pergub Keuangan Syariah

Baca juga: Holding pangan, farmasi, dan MES berkolaborasi dukung ekonomi syariah

Baca juga: Erick Thohir nilai ekonomi syariah tangguh hadapi pandemi COVID-19

 

Pewarta: Mulyana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022