Ratu hari ini dinyatakan positif COVID
London (ANTARA) - Ratu Elizabeth yang berusia 95 tahun terkonfirmasi positif COVID-19 dan mengalami gejala ringan, namun berharap dapat melanjutkan tugas-tugas ringan pekan ini, kata Istana Buckingham, Minggu.

"Ratu hari ini dinyatakan positif COVID," kata pihak istana. "Yang Mulia mengalami gejala ringan mirip flu namun berharap tetap melanjutkan tugas-tugas ringan di Windsor dalam sepekan mendatang."

"Dia akan terus mendapatkan perawatan kesehatan dan akan mengikuti semua pedoman yang sesuai," kata pihak istana.

Sebelumnya, Pangeran Charles, pewaris takhta Kerajaan Inggris berusia 73 tahun, bulan ini menarik diri dari sebuah acara setelah terpapar virus corona untuk kedua kalinya. Seorang sumber istana mengatakan dia bertemu dengan Ratu Elizabeth beberapa hari sebelumnya.

Kesehatan Ratu Inggris, raja paling tua dan paling lama memerintah di dunia, telah menjadi sorotan sejak dia dirawat satu malam di rumah sakit pada Oktober lalu karena sakit yang tidak dijelaskan dan sejak itu disarankan untuk beristirahat oleh tim dokternya.

Elizabeth pada Rabu berkelakar kepada anggota-anggota rumah tangga kerajaan bahwa dirinya tidak bisa banyak bergerak saat pertama kali bertugas secara langsung sejak Charles dinyatakan positif.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ratu Elizabeth bergurau "tak bisa bergerak" leluasa
Baca juga: Pangeran Charles positif COVID-19, sempat bertemu Ratu Elizabeth
Baca juga: Ratu Elizabeth ke Sandringham setelah pandemi tunda rencana Natal

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022