Saya ingin mereka tumbuh di lingkungan yang baik, mereka sehat, punya harapan, ke depan
Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Elfonda Mekel atau dikenal sebagai Once Mekel termasuk di antara orang-orang yang mendukung anak-anak dengan kanker tetap meraih impian mereka.

"Saya ingin mereka tumbuh di lingkungan yang baik, mereka sehat, punya harapan, ke depan," kata dia dalam siaran pers BenihBaik.com bertepatan dengan peringatan Hari Anak Kanker Sedunia 15 Februari itu, Minggu.

Once berkisah sewaktu masih duduk di kelas 1 sekolah dasar pernah bercita-cita menjadi pemain musik dan penyanyi dan dia bersyukur bisa meraih cita-cita itu.

"Saya ingin mereka punya impian, dan kalau mereka beruntung, Yang Maha Esa juga berkenan, mereka bisa meraih mimpi mereka," tutur Once yang pernah menjadi vokalis band Dewa 19.

Baca juga: Dukungan psikososial bantu redakan gejala psikologis pasien kanker

Menurut pelantun "Roman Picisan" itu penyakit kanker bisa menggoyahkan impian dan harapan anak-anak. Dia berharap, anak-anak dengan kanker bisa tabah dan tetap berusaha mengejar impian mereka.

"Sangat menyedihkan jika mereka di usia muda mendapatkan penyakit, harus mereka hadapi, tabah. Harapan-harapan mereka bisa goyah. Kita semua pasti ingin bantu mereka agar tetap punya harapan dan energi hidup," ujar dia.

Once ingin mendorong orang-orang bisa menggunakan kesempatan hidup yang dimiliki untuk berbagi pada orang lain, semisal memberikan donasi.

"Supaya berkah dari apa yang kita miliki, bukan untuk diri kita sendiri. Saya hanya mempergunakan talenta saya untuk anak-anak yang sedang kanker. Banyak orang juga harus melakukan yang sama. Membagi hidup kita untuk orang lain sebisa mungkin," kata ayah Manuel Mekel itu.

"Saya tidak istimewa, banyak yang melakukan lebih, mungkin karena saya dikenal. Saya salut pada teman-teman yang melakukan tanpa terlihat, luar biasa sumbangsihnya. Sekarang banyak yang berdonasi lewat platform digital, semoga kita semua akan tetap demikian, saling peduli dan topang," imbuh Once.

Baca juga: Anak dengan kanker butuh pendampingan dan perawatan khusus

Baca juga: Lindungi yang terkasih dengan vaksin HPV

Baca juga: IDAI: Imunisasi COVID-19 bagi anak dengan kanker perlu konsultasi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022