Kita maklumi saja yang penting kami meminta kepada semua pihak untuk bersikap bijak dan tidak membuat gaduh yang nantinya berakibat fatal pada nasib atlet
Jakarta (ANTARA) - Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta dengan agenda utama pemilihan Ketua Umum KONI DKI Jakarta periode 2022-2026 masih sesuai tahapan dan kini ada dua bakal calon yang resmi mendaftar ke Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP).

"Rapat internal TPP sebelumnya menetapkan 27 Maret. Lalu, kami melakukan audiensi ke Dinas Olahraga, Pembina dan DPRD DKI. Karena melihat sebaran omicron yang terus naik maka TPP menyampaikan ke KONI dan hasil rapat pleno KONI diputuskan kalau Musorprov digelar 12 Maret," kata Ketua TPP Aldwin Rahadian dalam keterangan resminya, Senin.

Pria yang aktif di cabang olahraga menembak ini mengatakan terkait dengan penetapan tanggal pelaksanaan Musorprov memang tidak ditetapkan dalam raker KONI DKI Jakarta di kawasan Cipayung, Bogor, Jawa Barat. Namun, semua anggota sepakat digelar Maret atau disesuaikan dengan kesiapan teknis dan rampungnya laporan keuangan KONI DKI Jakarta.

Baca juga: Dukungan Hidayat Humaid maju jadi Ketum KONI DKI Jakarta bertambah

Aldwin menyadari bahwa penetapan tanggal sedikit mengalami polemik. Ia menilai jika ada pihak yang belum paham mekanisme dan aturan main dalam penjadwalan Musorprov KONI DKI Jakarta.

"Kita maklumi saja yang penting kami meminta kepada semua pihak untuk bersikap bijak dan tidak membuat gaduh yang nantinya berakibat fatal pada nasib atlet. Saya harap pemilihan ini berjalan damai dan semua pihak bisa menjaga keamanan dan kenyamanan. Jangan sampai, tragedi 2017 terjadi dan akhirnya merugikan atlet dan pembinaan prestasi atlet," katanya menambahkan.

Sesuai tahapan yang ada, pendaftaran bakal calon Ketua Umum KONI DKI Jakarta buka mulai 15 Januari dan ditutup 15 Februari. Adapun syarat yang harus dipenuhi bakal calon di antaranya adalah dukungan dari sembilan cabang olahraga serta bakal calon minimal pernah menjadi pengurus KONI ataupun anggota KONI (cabang olahraga).

Ada dua bakal calon yang sudah resmi memasukkan formulir pendaftaran yakni Hidayat Humaid serta Julizar Idris. Jika keduanya dinyatakan lolos verifikasi maka akan bersaing untuk menggantikan posisi Djamhuron P Wibowo.

"Semua tahapan sudah kita buka dan umumkan," kata Sekretaris TPP yang juga Ketua Umum Catur DKI Jakarta Pandapotan Sinaga.

Baca juga: 51 cabang olahraga dukung Hidayat Humaid daftar calon ketua KONI DKI

Berikut tahapan pencalonan Ketua Umum KONI DKI Jakarta pada Musorprov 2022 :

- Tanggal 15 Januari hingga 15 Februari pendaftaran bakal calon.
- Tanggal 16-18 Februari 2022: pemberitahuan kekurangan administrasi pendaftaran bagi bakal calon ketua umum.
- Tanggal 19-21 Februari 2022: pengembalian form administrasi yang sudah dilengkapi oleh bakal calon ketua umum. Dan penyerahan dukungan tambahan bakal calon ketua umum
- Tanggal 28 Februari 2022: diinformasikan bakal calon ketua umum resmi dan lengkap administrasi.
- Tanggal 3 Maret 2022: Fit and proper test atau uji kelayakan.
- Tanggal 4-8 Maret 2022: Masa kampanye bakal calon ketua umum.
- Tanggal 9-11 Maret 2022: Masa tenang dan evaluasi terakhir TPP
- Tanggal 12 Maret 2022: Pelaksanaan Musorprov XII/2022 dan pengumuman calon Ketua Umum KONI DKI Jakarta periode 2022-2026.

Baca juga: TPP janji lakukan pemilihan Ketua KONI DKI Jakarta dengan transparan
 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022