Jakarta (ANTARA) - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju atau OASE Kabinet Indonesia Maju dan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian BUMN bersama Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN mendukung Gerakan: Yuk Pilah Sampah, dengan mengelola sebanyak 151 ton sampah.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah aktif berkolaborasi dalam mendukung aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah," ujar Ketua Bidang 4 OASE Kabinet Indonesia Maju dan Penasihat GIB DWP K BUMN- IIP BUMN, Liza Erick Thohir dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Melalui  Gerakan: Yuk Pilah Sampah, ia berharap agar masyarakat khususnya karyawan dan istri di lingkungan BUMN semakin aktif berkesinambungan mengelola sampah mulai dari rumah sendiri.

"Gerakan ini akan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian bumi kita sekaligus ikut serta dalam membudayakan ekonomi sirkular," katanya.

Dalam rangka mendukung Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap  21 Februari, OASE Kabinet Indonesia Maju dan Gerakan Indonesia Bersih DWP K BUMN-IIP BUMN terlibat aktif dalam aksi Gerakan: Yuk Pilah Sampah.

Baca juga: OASE Kabinet Indonesia Maju gandeng berbagai lembaga bantu masyarakat

Kegiatan Gerakan: Yuk Pilah Sampah berlangsung selama tiga hari, 14-16 Februari 2022, melibatkan 20.508 orang relawan dari OASE Kabinet Indonesia Maju, DWP K BUMN, dan 65 Ikatan Istri Karyawan (IIK) BUMN.

Dari total 151 ton sampah yang berhasil dipilah, sebanyak 56 ton sampah anorganik, 53 ton sampah organik, 29 ton sampah kertas, dan 7 ton sampah elektronik berhasil dikumpulkan.

Kegiatan ini juga berhasil menjangkau relawan dari seluruh Indonesia, tercatat relawan dari 34 provinsi telah mengikuti gerakan ini. Hasil pemilahan sampah ini kemudian diserahkan ke fasilitas bank sampah/pengepul sampah/pendaur ulang sampah terdekat.

Untuk sampah organik, para relawan disarankan melakukan pengomposan mandiri di rumah. Pada jenis sampah masker, tidak dilakukan penimbangan dan distribusi dengan memperhatikan kondisi tingginya kasus COVID-19.

Selain melakukan aksi memilah sampah, GIB DWP K BUMN-IIP BUMN juga menyelenggarakan kampanye dalam rangka menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional dengan menggelar kompetisi video melalui media sosial TikTok dengan tagar #HariPeduliSampahNasional2022.

OASE Kabinet Indonesia Maju adalah organisasi khusus gagasan Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden serta disepakati para pendamping Menteri Kabinet Indonesia Maju.  Sedangkan DWP K BUMN adalah organisasi perempuan yang berada di lingkungan Kementerian BUMN serta BUMN.

Baca juga: Hari Peduli Sampah, momentum kembangkan industri daur ulang terpadu
Baca juga: Perlunya memangkas sampah plastik belanja online

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022