Jakarta (ANTARA News) - Mantan pelatih timnas sepak bola Spanyol Jose Antonio Camacho dipilih untuk menangani timnas China menjelang putaran III Pra Piala Dunia 2014 Zona Asia.

Pelatih berusia 56 tahun itu tiba di ibukota China, Sabtu, untuk mengambil kendali timnas China menyusul spekulasi beberapa pekan ini, demikian dikutip dari situs resmi AFC, Minggu.

Pelatih yang pernah bermain di Real Madrid ini mengatakan kepada wartawan bahwa dia gembira tiba di China.

Camacho bermain lebih dari 80 kali bagi timnas Spanyol, termasuk di dua Piala Dunia, dan pernah memimpin Spanyol selama empat tahun dengan sempat melaju sampai perempatfinal Piala Dunia 2002.

"Kami senang berada di sini. Tim pelatih dan saya bangga bergabung dengan timnas sepak bola China. Tujuan kami untuk saat ini adalah lolos ke putaran final Piala Dunia Brasil. Tapi, kami juga memiliki rencana jangka panjang untuk timnas masa depan," kata Camacho.

China melaksanakan pertandingan perdana putaran III Pra Piala Dunia dengan menghadapi Singapura pada 2 September. Tim lainnya yang bergabung dengan China di grup A adalah Irak dan Jordania.

Pengurus Asosiasi Sepak Bola China, Yu Hong Chen, mengatakan dipilihnya Camacho adalah bagian dari rencana jangka panjang kebangkitan sepakbola China.

"Walaupun jika dia nantinya gagal membawa tim China ke putaran final Piala Dunia, dia tidak akan kehilangan pekerjaannya," kata Yu.
T009/A016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011