Denpasar (ANTARA News) - Dinas Peternakan Provinsi Bali dalam kurun waktu empat bulan terakhir telah memberi vaksinasi sebanyak 185.973 ekor anjing dalam program vaksinasi massal.

"Berdasarkan data sampai 13 Agustus 2011, jumlah anjing yang divaksinasi tersebut sekitar 76 persen dari target," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali I Putu Sumantra di Denpasar, Senin.

Dia menjelaskan, target gerakan vaksinasi anjing secara massal tahap dua adalah sebesar 245.000 ekor binatang penyebar anjing gila tersebut.

Sedangkan jumlah banjar atau dusun yang telah melaksanakan vaksinasi yakni sebanyak 3.631 dari jumlah seluruh kawasan itu yang ada di Pulau Dewata.

"Jumlah banjar yang melakukan vaksinasi tersebut adalah 83 persen dari total banjar di Bali sebanyak 4.364 persen," ujarnya menjelaskan.

Menurut Sumantra, meski terjadi kesenjangan sekitar tujuh persen antara jumlah anjing dengan banjar yang sudah melaksanakan vaksinasi, namun pihaknya optimis bahwa daerah tujuan internasional itu akan terbebas dari penyakit rabies.

Banyaknya jumlah hewan yang telah divaksinasi, tak lepas dari kesadaran masyarakat yang secara aktif membawa hewan peliharaannya itu untuk divaksinasi di posko terdekat.***4***



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011