Purwokerto (ANTARA) - Tim "search and rescue" (SAR) gabungan berhasil menemukan dua dari tiga bocah yang menjadi korban tenggelam di Sungai Donan, Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Korban yang pertama kali ditemukan atas nama Syahdan Arofi (11). Dia ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di sekitaran lokasi kejadian pada hari Senin (21/2), pukul 22.50 WIB, dan langsung dibawa ke rumah duka di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan korban kedua yang ditemukan oleh tim SAR gabungan diketahui bernama Tommy Hasan (11).

Menurut dia, jenazah Tommy ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar 5 kilometer dari lokasi kejadian ke arah hulu pada hari Selasa (22/2), pukul 13.00 WIB.

"Jenazah Tommy ditemukan saat tim SAR gabungan melakukan penyisiran di atas permukaan air dengan perahu jukung. Setelah dievakuasi, jenazah Tommy langsung dipulangkan ke rumah duka di Kelurahan Kutawaru," katanya.

Baca juga: Tim SAR cari dua korban perahu terbalik di Cilacap

Baca juga: Basarnas: Dua peserta lomba perahu naga tenggelam di Sungai Tipar


Nyoman mengatakan dengan ditemukannya dua jenazah tersebut, tim SAR gabungan hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap satu korban lainnya atas nama Dzaqwan Labieb alias Zaki (11).

Menurut dia, operasi SAR untuk mencari tiga bocah yang tenggelam di sekitar Dermaga Jojok, Sungai Donan itu melibatkan personel Basarnas Cilacap, Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap, RAPI Cilacap, Cilacap Rescue, Relawan Jojok, SAR MTA, SAR Kutawaru, Rukun Nelayan Kutawaru, serta dibantu warga sekitar dan keluarga korban.

Tiga bocah yang diketahui bernama Dzaqwan Labieb alias Zaki (11), Tommy Hasan (11), dan Syahdan Arofi (11), warga Jalan Nusa Puring RT 04 RW 05, Kelurahan Kutawaru, dilaporkan hilang akibat tenggelam di sekitar Dermaga Jojok, Sungai Donan, Kelurahan Kutawaru, pada Senin (21/2), pukul 16.30 WIB.

Peristiwa tersebut terjadi saat ketiga bocah itu sedang mandi di sekitar Dermaga Jojok bersama satu anak lainnya yang diketahui bernama Rama (9). Akan tetapi tanpa mereka sadari, air Sungai Donan yang terhubung dengan Segara Anakan mengalami pasang dan menenggelamkan mereka.

Satu anak bernama Rama berhasil diselamatkan oleh warga sekitar, sedangkan tiga anak lainnya hilang, sehingga dilakukan pencarian yang melibatkan tim SAR gabungan. 

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi jenazah di Pantai Karangbolong Kebumen

Baca juga: Tim SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di Banyumas dan Cilacap

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022